JPKM Bedah Rumah Warga Serpong

SERPONG – Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) bekerja sama dengan sejumlah korporasi melakukan bedah rumah terhadap dua warga di Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Bedah rumah adalah salah satu program JPKM pada 2021 yang diperuntukan bagi ereka yang sehari-hari bekerja sebagai buruh lepas tinggal di sebuah rumah yang tidak layak huni, tanpa sirkulasi, ventilasi, dan sanitasi baik.

“Alhamdulillah, dalam waktu tiga pekan, JPKM telah membangun ulang sebuah rumah dengan ukuran bangunan 33 meter persegi di atas tanah seluas 53 meter persegi," kata Irwen Azhari, Ketua JPKM, saat secara simbolis menyerahkan kunci rumah untuk Bapak Midan dan Ibu Tinah, warga Kelurahan Serpong, Sabtu (27/2).

Irwen mengatakan desain rumah dibantu oleh PT Intiland Development Tbk (DILD), emiten properti yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Desain dibuat memperhatikan aspek psikologis penghuni rumah. "Rumah yang dibangun berdasarkan arahan Intiland itu memiliki dua kamar tidur, ruang keluarga, satu kamar mandi, dapur, ruang service, ruang tamu dan teras," katanya.

Theresia Rustandi, Sekretaris Perusahaan PT Intiland Development, mengatakan Intiland merasa bangga bisa bersinergi dengan JPKM dalam program bedah rumah.

"Ini sebuah inisiatif dan aksi nyata yang bagus sekali dan semoga makin banyak yang berkolaborasi dalam program ini sehingga makin banyak pula masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya," katanya.

Dia menyebutkan program bedah rumah yang digelar JPKM selaras dengan program Intiland Teduh yang telah dijalankan selama ini. "Ini merupakan gagasan dan ide mulia yang tujuannya membantu masyarakat kurang mampu memiliki rumah yang layak dan sehat sehingga kualitas hidupnya meningkat," katanya.

Pola Hidup Sehat

Zahmilia Akbar, Sekretaris Perusahaan PT Phapros Tbk (PEHA), emiten farmasi, mengatakan pola hidup sehat merupakan hal penting yang harus diterapkan selama pandemi COVID-19. Apalagi saat ini masyarakat banyak melakukan aktivitas dari rumah, baik bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ataupun menghabiskan waktu libur dengan di rumah saja.

“Rumah menjadi tempat paling penting, dan harus memenuhi syarat sehat, antara lain ventilasi yang baik, sirkulasi udara yang baik dan sanitasi yang memadai," kata Zahmilia seusai acara serah terima kunci rumah.

Menurut Zahmilia, JPKM bahu-membahu bersama Phapros dan beberapa korporasi melalui kegiatan charity melakukan aksi sosial berupa bedah rumah dari keluarga Midan, termasuk memberikan bantuan berupa multivitamin, hand sanitizer dan kelengkapan protokol kesehatan lainnya.

Pelaksana Tugas Lurah Serpong Moh Soleh mendukung kegiatan bedah rumah yang dilakukan JPKM di Kelurahan Serpong. Dia mengucakan terimakasih kepada JPKM dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya bedah rumah Bapak Midan, warga Serpong. “Semua ini bisa terwujud berkat dukungan pihak Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT," katanya. (rah)

Editor: rahman