Anda ingin popular di Dunia Twitter? Ini Caranya.
Credit by: Akun Twitter Katy Perry sudah diikuti sekitar 52 juta orang (bbc)

Jakarta, PINews.com - Sejumlah pakar di Inggris memberikan beberapa tips untuk Anda yang ingin menjadi populer di sosial media seperti Twitter.

Nick Taylor seorang pakar sosial media dari PeerIndex berbasis di London  mengatakan hal paling utama untuk meningkatkan eksistensi anda di Twitter ialah pengguna harus memikirkan hal mendasar, yaitu foto profil dan deskripsi sebelum mulai berkicau.

PeerIndex sendiri merupakan perusahaan yang menghimpun data dari jutaan kicauan Twitter per pekan dan menganalisa efektivitasnya. "Gunakan kata-kata personal yang mencerminkan secara spesifik pribadi Anda," katanya. "Ingat, foto Twitter sangat kecil, jadi foto dengan fokus di wajah akan lebih mudah dilihat daripada foto seluruh badan."

"Dalam kolom Bio, coba jelaskan apa saja yang biasa Anda kicaukan, sehingga orang lain bisa memutuskan apakah akan mengikuti akun Anda karena kesamaan topik yang disukai."

Tips lain berasal dari aktor David Schneider. Aktor yang tampil dalam film I'm Alan Partridgedan Mission: Impossible ini sekarang rajin menggunakan selera humornya untuk meningkatkan pengaruh sejumlah merek di Twitter.

"Kicauan sempurna setidaknya memiliki satu di antara tiga: informasi, wawasan, dan humor," kata pendiri lembaga konsultasi That Lot ini. "Jika memiliki tiga hal itu, maka kicauan itu sangat bisa dibagikan."

"Informasi adalah sesuatu yang orang ingin tahu. Wawasan memberikan gambaran di balik layar, dan humor adalah humor."

David Schneider mengatakan guyonan bisa menjadi kunci agar pengguna Twitter mengintip akun Anda. Kolega Schneider, David Levin memberikan saran lain yang bisa membantu Anda menulis dalam format 140 karakter:

  • Usahakan pendek. Jangan merasa terdorong untuk menggunakan semua 140 karakter kecuali jika Anda perlu. Penelitian menunjukkan bahwa pengikut lebih memilih kicauan manis dan pendek.
  • Rutin. Jadilah akun yang rutin melakukan sesuatu secara berulang (seperti kuis mingguan, wawancara, atau bagi-bagi hadiah setiap pekan atau setiap bulan)
  • Jangan boros # (hashtag). Fitur ini berguna jika dipakai secara benar tetapi sia-sia dan mengganggu jika digunakan terlalu sering.

Etika di Twitter juga menyarankan Anda untuk mengikuti akun lain dan melakukan retweet dari kicauan orang lain. Tapi pastikan untuk mengikuti akun-akun yang betul-betul Anda suka dan inginkan.

 

Sumber : BBC

Editor: Rio Indrawan