Wow, Harta Sekjen Mahkamah Agung Rp 33,4 Miliar
Credit by: Sekjen MA, Nurhadi (Ist)

Jakarta, PINews.com - Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi diketahui memiliki harta puluhan miliar. Harta yang nilainya cukup fantastis itu diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dari LHKPN yang diakses melalui laman acch.kpk.go.id. Nurhadi tercatat memiliki harta kekayaan sekitar Rp 33,4 miliar. Harta tersebut dilaporkan Nurhadi pada 7 November 2012 lalu.

Harta itu terdiri dari harta bergerak dan tak bergerak. Untuk harta tak bergerak, Nurhadi memiliki harta berupa 18 bidang lahan dan bangunan di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Bogor, Malang, Kudus, Kediri, Tulungagung, dan Mojokerto. Harta tak bergerak itu nilainya sekitar Rp 7,36 miliar.

Sementara, harta bergerak diketahui nilainya Rp 11,28 miliar. Rinciannya, batu mulia senilai Rp 8,63 miliar, barang-barang seni dan antik Rp 1 miliar, logam mulia seharga Rp 500 juta, dan benda bergerak lainnya senilai Rp 1,15 miliar. Nurhadi tercatat memiliki harta berupa giro dan setara kas senilai Rp 10,78 miliar.

Selain itu, empat mobil mewah yang dimiliknya yakni Toyota Camry keluaran 2010, Mini Cooper 2010, Lexus 2010, dan Jaguar keluaran 004. Mobil yang dilaporkan itu sekitar Rp 4 miliar.

Anehnya, dalam catatan LHKPN itu, Nurhadi yang sempat tenar lantaran bagi-bagi iPod Shuffle sebagai souvenir dalam acara pernikahan anaknya itu tidak melaporkan usaha sarang burung walet kepada KPK. Padahal Nurhadi dalam sejumlah kesempatan mengaku punya usaha sarang burung walet yang disintis sebelum menjadi pegawai MA atau sejak 1981.

Editor: Rio Indrawan