PT KAI Tidak Lagi Layani Penjualan Tiket di Stasiun Untuk Kereta Jarak Jauh
Credit by: Antrian pembelian tiket kereta api jarak jauh yang kerap terjadi (Ist)

Jakarta, PINews.com - Jika selama ini anda sering melihat pemandangan antrian panjang para pembeli tiket kereta api di stasiun-stasiun, maka tidak lama lagi pemandangan tersebut tidak akan terlihat. Pasalnya PT KAI akan memberlakukan peraturan baru yakni tidak lagi melayani penjualan di stasiun untuk tiket kereta api jarak jauh.

Nantinya masyarakat bisa membeli tiket melalui agen penjualan resmi , atau channel eksternal yang ditunjuk PT KAI seperti Alfamart, Indomart, 7Eleven, Lawson,Agen Pos dan Pegadaian.

Selain itu, penjualan tiket online juga bisa dimanfaatkan masyarakat seperti tiket.com, tiket.kereta-api.co.id, serta melalui aplikasi ponsel Blackberry dll.

"Mulai 15 Agustus tidak ada lagi pemesanan tiket di stasiun, nanti pemesanan dilakukan melalui channel-channel kami," ujar Direktur Komersial PT KAI Slamet Suseno di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Minggu (27/4).

Stasiun nantinya hanya melayani tiket reduksi dan Go Show, untuk para Lansia, TNI dan PolriUntuk tiket Go Show pun tergantung apakah jumlah tempat duduk masih tersedia atau tidak.

PT KAI sendiri saat ini terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait aturan main penjualan tiket baru ini dengan menyebar brosur, melalui spanduk dan banner yang dipasang di stasiun-stasiundan melalui media massa.

"Point of sale-nya tetap. Tujuannya bagus, agar orang jangan sampai menghabiskan waktunya untuk yang tidak berguna hanya dengan mengantri tiket di stasiun. Jadi waktu masyarakat bisa lebih produktif," tandas Eksekutif Vice President (EVP) IT PT KAI Mukti Jauhari.

Editor: Rio Indrawan