Wow, Sebentar Lagi Charge Handphone dan Laptop Tidak Perlu Kabel?
Credit by: Ilustrasi Wireless Charger (Ist)

Jakarta, PINews.com - Sudah lama manusia memimpikan zaman dimana kita tidak memerlukan kabel untuk mengisi daya suatui gadget seperti Handphone atau Laptop. Teknologi tersebut dinamakan teknologi listrik nirkabel, dimana tidak diperlukan lagi kabel atau penghantar listrik.

Kini hal tersebut bukanlah hanya sebuah mimpi, akrena baru-baru ini ilmuwan dari Universitat Politecnica de Valencia (UPV) akhirnya berhasil merancang perangkat baru untuk mentransfer energi listrik nirkabel yang akan digunakan pada perangkat elektronik. Teknologi energi listrik ini bisa digunakan untuk mengisi ponsel atau laptop tanpa perlu kabel.

Studi yang dilakukan UPV telah dirilis bulan Juni lalu pada majalah Annals of Physics, telah melewati simulasi laboratorium pertama dan perhitungan kinerja sistem, dimana para ilmuwan dari Wave Fenomena Grup juga ikut bergabung dalam pengembangan prototipe pertama. Dalam hal penerapan teknologi, para peneliti mengatakan bahwa UPV mungkin akan memacu teknologi futuristik. Perangkat energi listrik nirkabel diduga akan digunakan secara universal karena penyebaran infrastruktur pengisian baterai diberbagai perangkat.

Sebuah sistem yang dianggap sebagai terobosan terbaru yang telah dipatenkan oleh UPV, berdasarkan pada penggunaan resonator yang dirancang dengan kristal fotonik radial. Material ini merupakan salah satu pendukung yang berfungsi sebagai pemancar energi listrik, sementara perangkat lainnya akan digunakan pada perangkat elektronik sebagai penerima energi listrik nirkabel.

Editor: Rio Indrawan