Media Sosial Bisa Picu Jerawat dan Penuaan

Jakarta - Semakin banyaknya pengguna media sosial akan semakin berpengaruh pada kehidupan seseorang. Bukan mengubah cara mereka bersosialisasi, tapi juga pada wajah mereka. Seorang pakar kecantikan, Erina Diah, mengatakan media sosial mungkin bisa jadi salah satu penyebab masalah kulit dan penuaan di wajah, khususnya remaja.

"Mungkin saja terjadi, karena para remaja biasanya mudah sekali mencoba hal yang baru. Mereka mungkin saja mencoba menggunakan make up pada usia yang terlalu muda karena ingin mengikuti tren di media sosial. Padahal, make up yang ada saat ini terlalu berat untuk wajah mereka," kata Erina

Erina menjelaskan, masalah jerawat paling mungkin terjadi saat remaja mengenakan riasan terlalu dini. Kulit jadi tak bisa bernafas karena tertutup oleh riasan dan kotoran akan terus menumpuk. Apalagi kulit remaja masih sensitif.

Sementara, masalah penuaan juga bisa terjadi jika terlalu sering berselancar di Internet. Mata akan lebih cepat lelah dan jika sudah begitu wajah akan terlihat lebih tua.

"Selain mata, dahi juga bisa jadi tanda penuaan. Misalnya, ketika seseorang terbiasa menaikan alis atau mengerutkan dahi saat berpikir, maka akan muncul kerutan yang akan berpengaruh pada penuaan," kata Erina.

Editor: Ade Rizki Saputra