Inilah Gunung Yang Terlarang Bagi Wanita
Credit by: Gunung Athos (Ist)

Jakarta, PINews.com - Mendaki dan berwisata ke gunung pada saat ini sudah digandrungi siapapun termasuk kaum wanita. Tetapi di antara gunung - gunung di dunia yang boleh didaki siapa saja, ada gunung yang terlarang bagi wanita.

Gunung itu adalah Gunung Athos. Gunung ini terletak di bagian utara Yunani, tepatnya di semenanjung Makedonia. Semenanjung ini memiliki luar 390 kilometer persegi. Gunung Athos ini juga merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO. Semenanjung ini memiliki luas 390 kilometer persegi dan merupakan rumah bagi ribuan biarawan di biara - biara ortodoks Yunani. 

Gunung Athos, sebenarnya merupakan sebuah negara otonom dibawah kedaulatan Yunani. Tidak mudah agar mendapatkan izin untuk masuk ke daerah ini dan khusus wanita, sangat dilarang untuk masuk dan tinggal di wilayah ini.

Untuk di ketahui, Gunung Athos merupakan rumah bagi sekitar 1.400 biarawan yang tinggal di biara - biara ortodoks Yunani. Gunung ini dianggap para biarawan sebagai tempat suci untuk melarikan diri dari dunia modern. 

Tidak heran jika Gunung Athos memiliki aturan yang sangat ketat. Selain terlarang untuk perempuan, pengunjung laki - laki pun diatur sangat ketat. Setiap harinya hanya 100 pengunjung beragama ortodoks dan 10 non ortodoks yang diperkenankan berkunjung.

Walaupun ribet untuk memasukinya, namun hal itu akan terbayar lunas saat mendapatkan izin masuk. Gunung Athos memiliki pemandangan yang indah. Puluhan biara antik menghiasi daerah ini.

Selain melihat biara, para pengunjung juga dapat melihat langsung kehidupan biarawan yang serba sederhana. Karena itu, umumnya wisatawan yang datang ke sini adalah mereka yang ingin melakukan perjalanan religius atau melakukan studi keagamaan.

Kendati begitu, keindahan pemandangan semenanjung Makedonia berpadu dengan keberadaan biara - biara antik merupakan pesona menarik yang sungguh sayang dilewatkan. Ini pulalah yang menjadi daya tarik para wisatawan. 

 

Sumber : Belantara Indonesia

Editor: Rio