Peti Jenazah Berumur 2.500 Tahun Dilelang
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Sebuah tutup peti mati dari zaman kuno Mesir ditawarkan dalam lelang di London meskipun Mesir menuntut benda itu dikembalikan.

Tutup peti jenazah bercat itu diperkirakan berumur 2.500 tahun. Tutup peti memiliki panjang 1,8 meter. Lelang dijadwalkan diadakan di Cambridge, Inggris, pada Sabtu (13/09).

Barang kuno ditemukan di rumah seorang kapten petualangan Tiger Sarll di Essex, Inggris, bulan lalu. Ia meninggal dunia pada 1970-an.

Pemerintah Mesir, melalui Kedutaan Besar di London, menyerukan agar barang itu ditarik dari lelang dan dikembalikan ke negara asal. Mesir mengatakan benda itu adalah bagian dari sejarah dan kebudayaannya, bukan komoditi biasa.

Sarll diperkirakan menemukan tutup peti di Afrika dan mengirimkannya ke Inggris. Sepeninggalannya, istrinya menyimpan barang antik tersebut sampai ia meninggal dunia pada 2005. 

Awal pekan ini Kedutaan Besar Mesir di London melaporkan rencana lelang kepada Kepolisian Inggris, tetapi polisi dilaporkan tidak berwenang turun tangan karena tidak menyangkut kejahatan.

 

Sumber : BBC

Editor: