Kunjungi Negeri Paman Sam, Presiden SBY 'Ceramahi' Militer AS
Credit by: Presiden SBY saat kunjungi Taruna Militer AS (Setkab)

Washington, PINews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono beserta rombong mengunjungi kadet atau taruna Akademi Militer Amerika Serikat (AS) di Academi Militer West Point, Amerika Serikat, Senin (22/9) pukul 10.45 waktu setempat.

Kedatangan Presiden SBY dan Ibu Ani ke akademi militer yang didirika pada tahun 1802, yang merupakan center of excellent dalam membangun karakter kepemimpinan di AS itu akan disambut dengan upacara militer langsung oleh Komandan Akmil West Point Letnan Jenderal Robert L. Caslen.

Dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 800 kadet dan 300 perwira AS itu, Presiden SBY akan menyampaikan pidato dengan tema “Peran Militer Dalam Perubahan Dunia”. Kesempatan ini menjadi yang pertama bagi Presiden RI berbicara di depan taruna militer AS.

Presiden SBY direncanakan akan menyampaikan kebijakan nasional yang menjadi perhatian dan kepentingan nasional Indonesia.Salah satu subtansi yang menjadi pusat perhatian  adalah perspektif Indonesia mengenai peran militer dalam mendukung demokrasi di Indonesia atau peran militer dalam mengatasi non traditional security challanges di abad 21.

Didirikan sejak Maret 1802, Akmil West Point menjadi kebanggaan rakyat Amerika. Tercatat beberapa pemimpin negeri Paman Sam lulusan tempat pendidikan itu, yakni Presiden Ulysses S. Grant dan Dwight D. Eisenhower. Tidak ketinggalan, beberapa kepala negara lain merupakan jebolan institusi elit ini.

Ikut mendampingi Presiden SBY dalam kunjungannya ke West Point ini antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Mesesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menlu Marty Natalegawa, Menteri Perindustrian MS. Hidayat, Mendikbud Mohammad Nuh, dan Dubes RI Washigton.

Editor: Rio