Ternyata Dokter PNS Bisa Praktek Di Rumah
Credit by: Ilustrasi Dokter yang sedang memeriksa pasiennya (Setkab)

Jakarta, PINews.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan dokter yang bekerja di rumah sakit daerah diperbolehkan membuka praktik di rumah atau di tempat lainnya, meski berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

“Tidak ada peraturan yang melarang mereka untuk praktik di luar rumah sakit. Asal mereka sanggup, silahkan,” kata Ketua IDI, Zaenal Abidin, di Jakarta, Minggu. (12/10).

Zaenal Abidin membantah informasi yang beredar bahwa dokter yang bekerja di rumah sakit tidak dapat membuka praktik di luar rumah sakit.

Bila dokter tidak diperbolehkan praktik di luar rumah sakit, maka banyak dokter yang sudah menutup usahanya. Tetapi kenyataannya sekarang berbeda, masih banyak dokter yang mendapatkan izin untuk membuka praktik kesehatan di luar rumah sakit.

“Kalau buka praktik di luar rumah sakit justru dapat membantu masyarakat,” katanya. Zanenal juga mengingkatkan untuk tetap memperhatikan kualitas alat. “Praktik kesehatan di luar rumah sakit juga harus memiliki fasilitas yang memenuhi standar kesehatan,” tambahnya.

Saat ini, kata Zaenal Abidin, banyak dokter yang tidak mau membuka praktik di luar rumah sakit, karena kelelahan. Waktu dan tenaga mereka sudah terkuras mulai pagi hingga sore hari di rumah sakit sehingga waktu yang tersisa hanya ingin digunakan untuk istirahat. “Mereka pun merasa sudah cukup puas praktik di rumah sakit,” katanya.

 

Sumber : Setkab

Editor: RI