Pesawat Gagal Lepas Landas, Bos Total Meninggal Dunia
Credit by: Christophe de Margerie (Ist)

Moskow, PINews.com - Peristiwa mengejutkan di dunia Migas baru saja terjadi, pemimpin Total yang merupakan salah satu perusahaan migas terbesar di dunia asal Prancis dilaporkan meninggal dunia. Christophe de Margerie, tewas saat jet pribadi yang membawanya menghantam mesin penyapu salju, saat akan lepas landas di bandara internasional Vnukovo, Moscow.

Reuters melaporkan Christophe de Margerie dikonfirmasi meninggal oleh Total. "Total mengkonfirmasi dengan duka yang dalam, bahwa Chairman dan CEO Christophe de Margerie meninggal pukul 10.00 malam (waktu Paris) tanggal 20 Oktober dalam sebuah kecelakaan pesawat pribadi di Bandara Vnukovo Moscow, karena tubrukan dengan mesin penyapu salju,"tulis pernyataan itu. Kecelakaan tersebut juga merenggut nyawa 3 kru pesawat.

Setelah dilakukan investigasi oleh pihak Rusia, ternyata, sopir kendaraan penyapu salju itu sedang mabuk ,menjadi penyebab peristiwa naas tersebut.  "Telah diketahui, sopir kendaraan penyapu salju dalam status mabuk," demikian pernyataan unit investigasi Rusia dilansir dari AFP.

De Margerie adalah lulusan dari sekolah bisnis Ecole Superieure de Commerce di Paris. Ia menjadi orang No.1 Total pada Februari 2007, dan merangkap menjadi Chairman pada Mei 2010.

De Margerie yang saat ini berumur 63, datang ke Moscow untuk mengadakan rapat bersama pemerintah Rusia terkait investasi asing. Rapat dilakukan di Gorki, dekat Moscow.

Bersama De Margerie, Total menjelma menjadi perusahaan minyak papan atas dunia bersaing  dengan Exxon, Shell dan Chevron.

Pihak Total hingga berita ini diturunkan belum mengkonfirmasi posisi pengganti pria berusia 63 tahun itu, namun Philippe Boisseau, kepala divisi energi terbarukan Total dan Patrick Pouyanne disebut-sebut sebagai suksesor pimpinan baru Total.

Editor: RI