Ditengah Pemanasan Global, Salju Abadi Di Pegunungan Ini Justru Bertambah
Credit by: Gletser Karakoram (Ist)

Jakarta, PINews.com - Ketika puncak-puncak tertinggi di dunia terkena dampak dari pemanasan global yakni mencairnya salju abadi yang menyelimutinya, seerti di Puncak Jaya Wijaya Indonesia atau bahkan di dataran tertinggi dunia di pegunungan Himalaya, ternyata ada satu pegununngan yang tidak mencair saljunya, malah justru intensitas saljunya bertambah.

Pegunungan Karakoram memiliki gletser yang menurut para ilmuan misterius, karena ditengah pemanasan global sekarang, gletser di salah satu bagian pegunungan Himalaya ini tidak menunjukkan tanda mencair.

Hal ini tentu berbahaya, karena jika pemanasan global terus terjadi dan semakin parah maka dipastikan banjir akan menjadi ancaman yang sangat serius yang diakibatkan mencairnya gletser secara drastis.

Salah satu penelitian untuk mengungkap misteri gletser di Karakoram dlakukan oleh Sarah Kapnick bersama timnya dari Princeton University. Ketika curah hujan terus meningkat di Pegunungan Himalaya, namun saat musim panas kelembaban pegununganpun akan turun drastis. Fenomena seperti ini tidak terjadi di Karakoram. “Inilah alasan mengapa gletser di Pegunungan Karakoram terus terjaga,” kata sarah seperti dilansir Belantara Indonesia.

Selain itu, curah hujan salju juga meningkat diwilayah pegunungan yang terletak disepanjang perbatasan India, Pakistan dan Tiongkok ini.

Kapnick dan rekannya mengumpulkan data tentang pengendapan dan temperatur udara. Bersumber dari Pakistan Meteorological Departement dan data dari satelit, mereka mengkombinasikan informasi yang diperoleh dan membandingkan dengan tiga wilayah sekitar. Yakni Karakoram, Pegunungan Himalaya bagian tengah dan dataran rendah Tibet.

Mereka menemukan adanya simulasi baru sehingga daerah seluas 10 mil persegi atau 50 kilometer persegi di Karakoram mampu menyesuaikan dengan perubahan iklim yang terjadi sekarang ini. 

Adanya kondisi ini tentu perlu mendapat perhatian khusus para pihak terkait karena seperti kita ketahui, bahaya banjir terus mengincar dan meningkat resikonya jika gletser yang besar di Karakoram tiba-tiba mencair. 

Editor: RI