Hebat, TNI Bangun Infrastruktur Desa Bekas Markas OPM

Penulis: Rio - Waktu: Jumat, 31 Oktober 2014 - 11:07 AM
Credit by: Ilustrasi TNI yangs edang membangun jalan (Ist)

Papua, PINews.com - Pembinaan terhadap masyarakat bekas anggota sparatis memang sangat penting untuk dilakukan. Pembinaan tersebut tidak melulu melalui penyuluhan atau penanaman rasa nasionalisme saja, akan tetapi juga dengan menunjukkan kepedulian dengan sesama warga negara Indonesia.

Hal inilah yang coba ditunjukkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang hampir merampungkan pembangunan infrastruktur desa seperti jalan, bahkan rumah bagi penduduk yang dulunya anggota Operasi Papua Merdeka (OPM).

Kodim 1703 Manokwari membangun lima rumah huni bagi penduduk dan jalan di bekas markas OPM yakni di Kampung Sosmuruf. "Pembangunan lima rumah layak huni bagi masyarakat Kampung bekas markas OPM itu dalam rangka Karya Bakti TNI Skala Besar Tahun 2014," Kata Letkol Inf. Stevanus Satrio Aribowo, Komandan Kodim 1703 Manokwari, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Lebih lanjut Stevanus menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat. selain itu, Kegiatan Karya Bakti itu, katanya, merupakan bentuk fungsi pembinaan teritorial.

Apa yang dilakukan TNI di Kampung Sosmuruf ini patut diapresiasi dan ditiru ditempat lain di wilayah yang memiliki intensitas konflik tinggi. Karena sudah sepatutnya warga di daerah konflik mendapatkan perhatian lebih, baik dari pemerintah dan jajarannya.

Misalnya saja di Papua, bagaimana masyarakatnya ingin setia kepada bangsa jika mereka terus diperlakukan dengan tidak adil oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah yang sudah buta akan harta di dalam bumi Papua tanpa melihat nasib masyarakatnya. Untuk itu perhatian seperti yang dilakukan TNI ini bisa jadi jalan keluar untuk mengatasi konflik dan tentu meningkatkan nasionalisme di Papua.

Editor: RI