6 Sekolah Muslim Di Inggris Terancam Ditutup, Apa Sebabnya?

Penulis: Rio - Waktu: Jumat, 28 November 2014 - 06:46 AM
Credit by: Ebrahim Academy menjadi salahsatu sekolah yang disorot otoritas pendidikan Inggris (bbc)

Jakarta, PINews.com - Sebagai salah satu negara pertumbuhan penduduk muslim terbesar di Eropa, Inggris dikenal memiliki toloeransi yang lebih tinggi dibanding negara Eropa dalam urusan agama. Namun baru-baru ini tersiar kabar akan ditutupnya sekolah muslim. Tidak tanggung-tanggung, enam sekolah langsung terancam akan ditutup. Apa sebabnya?

Kurikulum pendidikan ternyata menjadi alasan utama terancam ditutupnya enam sekolah swasta muslim itu. The Independent melaporkan bahwa Kepala Pengawas Sekolah-sekolah Michael Wilshaw menyatakan bahwa keselamatan fisik maupun pendidikan para siswa di keenam sekolah tersebut sedang berada dalam resiko yang serius. Menurutnya kurikulum yang sekarang diterapkan rentan terhadap pengaruh ekstrimisme dan radikalisme.

Keenam sekolah tersebut antara lain Ebrahim Academy, London East Academy, Al Mizan, East London Islamic School, Jamiatul Ummah School dan Mazahirul Uloom School.

Salah satu dari keenam sekolah yang dilaporkan oleh Wilshaw, pengajaran mata pelajaran sejarah dan geografi hanya diajarkan melalui kacamata sejarah Islam.

Menanggapi hal tersebut, otoritas pendidikan Inggris segera akan melakukan inspeksi terhadap sekolah-sekolah yang dilaporkan Wilshaw. Sekretaris Negara di Bidang Pendidikan Nicky Morgan memperingatkan sekolah-sekolah tersebut bahwa mereka akan ditutup jika mereka gagal dalam inspeksi yang akan dilaksanakan dalam beberapa minggu.

Menurut Morgan sekolah di Inggris harus memenuhi syarat kurikulum yang diatur. “Semua sekolah harus mampu mempersiapkan anak-anak Inggris untuk kehidupan modern di masa depan,” kata Morgan.

Editor: RI