Clariant Raih Responsible Care Platinum Award

Penulis: ES - Waktu: Selasa, 23 Januari 2018 - 12:36 PM

Jakarta-PINews.com,- Perusahaan terkemuka dunia di bidang kimia khusus, Clariant berhasil memenangkan Responsible Care Platinum Award yang telah diperkenalkan sejak enam tahun lalu di Indonesia. Perusahaan ini mengalahkan 50 perusahaan yang ikut berkompetisi. Penghargaan yang diserahkan kepada Clariant bersamaan perayaan ulang tahun Responsible Care Indonesia yang ke-20.

Bagi Clarian penghargaan ini semakin memperkaya rangkaian penghargaan atas kinerja berkelanjutan perusahaan dari pabrik di Tangerang ini, dan lebih jauh lagi menunjukkan komitmen penuh perusahaan terhadap berkelanjutan.

Responsible Care Platinum Award telah dianggap sebagai pengakuan tertinggi terhadap dedikasi sebuah perusahaan terhadap berkelanjutan pada setiap perusahaan manufaktur kimia yang beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, semua orang di pabrik kami sangat bersemangat untuk mengetahui pencapaian terbaru ini,” kata  Hans Herrel, Head of Clariant Indonesia.

Hans juga menyebutkan penghargaan ini menjadi sebuah pengakuan penting dari upaya kami untuk tetap menjaga standar perusahaan di bidang keselamatan, kesehatan, lingkungan dan berkelanjutan di pabrik kami dan kami akan terus berupaya mempertahankan kinerja baik kami guna menghasilkan terobosan baru.

Untuk memenangkan Platinum Award, pabrik Tangerang Clariant meraih hasil audit yang luar biasa dengan skor 98 dari 100, dimana angka tersebut menunjukkan bahwa Clariant benar-benar memenuhi ketujuh persyaratan RCI yang meliputi Proses Keselamatan (Process Safety), Distribusi Keselamatan (Distribution Safety), Pencegahan Polusi (Pollution Prevention), Kesehatan dan Keselamatan (Health and Safety), Keamanan (Security),  Pengelolaan Produk Product Stewardship, Peningkatan Kesadaran Masyarakat (Community Awareness) dan Tanggap Darurat (Emergency Respond).

 Sebagai tambahan, pabrik ini juga memiliki rekor tidak terdapat waktu yang hilang akibat kecelakaan  kerja (Lost Time Injury (LTI) selama dua tahun berturut-turut. Selain Platinum Award, pabrik Tangerang Clariant juga berhasil meraih Pengakuan Khusus dengan memperoleh Best Chemical Transportation & Distribution Safety Award.

Penghargaan ini untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia dan Clariant merupakan satu-satunya perusahaan yang berhasil menerima penghargaan ini di antara para nominasi lainnya. Sejak tahun 2014, pabrik Tangerang Clariant telah berhasil meraih Zero Accident Award dari Kementerian Tenaga Kerja Indonesia. Sebelumnya, pada tahun 2015 pabrik ini juga dianugerahi Responsible Care Gold Award oleh Kementerian Perindustrian Indonesia atas upaya perusahaan memenuhi enam kode praktik perawatan yang bertanggung jawab (Responsible Care® Codes of Practices).

Editor: ES