Siaga Bencana, Tim Kementerian ESDM Terus Pulihkan Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Penulis: Indra - Waktu: Selasa, 14 Desember 2021 - 16:22 PM
Credit by: Tim siaga bencana Kementerian ESDM (Foto/Dok/Kementerian ESDM)

Jakarta,PINews.com - Tim Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Siaga Bencana yang telah diterjunkan Kementerian ESDM sejak Minggu (5/12) lalu, hingga kini masih bertugas untuk membantu pemulihan daerah terkena dampak erupsi Gunung Semeru. Senin (13/12) kemarin, sebanyak 212 orang dari Kementerian ESDM dan 35 perusahaan melaksanakan misi kemanusiaan, terdiri dari 3 orang Inspektur Tambang, 34 orang koordinator, 121 orang rescuer, 15 dokter, 32 paramedis, dan 7 orang tim logistik.

"Hingga kemarin, Tim ESDM Siaga Bencana bertugas di daerah terdampak erupsi Gunung Semeru. Tim rescue terus melakukan pencarian dan evakuasi korban bencana menggunakan alat-alat berat. Selain itu, tim kesehatan terus melakukan pelayanan hingga trauma healing," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, Selasa (14/12).

Ego juga menyampaikan bahwa sebanyak 35 perusahaan sektor ESDM sudah bergabung di posko ESDM Siaga Bencana. Di samping itu, 26 perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP)/Mitra Kerja IUP (Usaha Jasa)/Komunitas dari wilayah Provinsi Jawa Timur juga ikut berkontribusi kemanusian dalam Bencana Erupsi Gunung Semeru.

"Tim search and rescue ESDM Siaga Bencana dibagi menjadi tiga tim yang bertugas untuk melakukan pencarian korban di area Kampung dan area aliran lahar bekas tambang pasir. Excavator juga terus melanjutkan pencarian di tiga titik sesuai petunjuk dari K9 TNI AL dan warga ke tempat di mana terdapat unit Truck PS tertimbun. Dalam melakukan pencarian dan penyelamatan, Tim dibantu oleh relawan, Basarnas, TNI, Polri, BPBD dan Potensi SAR lainnya," jelas Ego.

Sementara, Tim ESDM Siaga Bencana Bidang Penyelamatan, Kesehatan dan Logistik terus melakukan pelayanan kesehatan masyarakat dengan melakukan pendataan penyakit yang sering terjadi di Posko Pengungsian.

"Selanjutnya adalah memetakan kebutuhan obat-obatan dan logistik di Posko Pengungsian hingga melakukan Trauma Healing kepada anak-anak di Posko Pengungsian. Bantuan logistik Tim KESDM Siaga Bencana kepada korban erupsi Gunung Semeru telah disalurkan melalui BPBD Kabupaten Lumajang," Imbuhnya.

Dilaporkan pula bahwa proses pemulihan akses listrik bagi masyarakat masih terus berjalan. Terdapat tambahan 27 pelanggan yang listriknya sudah menyala, sehingga kini tinggal 615 pelanggan yang belum mendapatkan akses listrik kembali. Kemudian, kondisi pasokan BBM dan LPG hingga kini juga masih aman. 1 SPBU, 4 Pertshop, dan 30 pangkalan LPG masih beroperasi normal. 1 Pertashop dilaporkan tutup karena menunggu pengiriman stok BBM. 

Editor: Alam