Pertagas Sabet PROPER Emas dan Empat PROPER Hijau

Penulis: Hermawan - Waktu: Jumat, 30 Desember 2022 - 05:36 AM

JAKARTA,PINews.com - PT Pertamina Gas (Pertagas) berhasil meraih penghargaan PROPER Emas dan 4 PROPER Hijau pada ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Bertempat di Istana Wakil Presiden, penghargaan diserahkan langsung oleh K. H. Ma’ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia kepada Gamal Imam Santoso Direktur Utama Pertagas pada Kamis (29/12).

Pertagas sebagai afiliasi dari Subholding Gas Pertamina mendapatkan penghargaan tersebut sebagai pencapaian dari kinerja beyond excellence di bidang Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial.

Penghargaan PROPER Emas diraih oleh Operation Kalimantan Area Pertgas melalui program inovasi sosial TAMAN Sidrap (Petani Mandiri Jalur Pipa Sidrap) yang diimplementasikan di Desa Martadinata, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Program TAMAN Sidrap berhasil menjawab permasalahan para petani lahan gambut di Desa Martadinata dengan integrasi pertanian berkelanjutan.

Melalui TAMAN Sidrap, Pertagas mengajak masyarakat memanfaatkan limbah tangkos jamur menjadi kompos dan fungisida alami yang mampu membantu mengurangi kadar keasaman lahan gambut pertanian sekaligus meningkatkan  produktivitas pertanian hingga 42%. Penerapan pertanian terintegrasi yang berkelanjutan juga mempercepat masa panen holtikultura yang sebelumnya membutuhkan waktu 25 hari hingga 30 hari menjadi 18 hari, sehingga dalam 1 tahun petani mampu panen 20 kali.

Dengan inovasi tersebut mampu mendorong efisiensi biaya produksi hingga 33% dan berdampak pada peningkatan penghasilan petani hingga 47%. Hal ini membuktikan bahwa lahan gambut juga mampu produktif dan menghasilkan beranekaragam sayur-mayur untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Selain PROPER Emas, Pertagas juga berhasil meraih 4 penghargaan PROPER Hijau melalui Operation East Java Area, Operation West Java Area, Operation South Sumatera Area dan PT Perta Samtan Gas. Pencapaian tersebut merupakan apresiasi atas kinerja pengelolaan lingkungan yang dilaksanakan Pertagas Grup sepanjang tahun 2021-2022.

Elok Riani Ariza Manager Communication Relations & CSR Pertagas, menyampaikan rasa syukur atas seluruh penghargaan PROPER yang diterima Pertagas. Penghargaan ini akan menjadi pemicu dan penyemangat untuk menjadi lebih baik lagi di tahun berikutnya.

“Pertagas berkomitmen untuk terus menciptakan lagi inovasi-inovasi baru serta solusi yang mampu mendorong perubahan bagi masyarakat," ungkap Elok.

Keberhasilan yang diraih oleh Pertagas tentunya tidak lepas dari kolaborasi antara perusahaan dengan mitra binaan, masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah.

“Melalui sinergi dengan berbagai stakeholders tersebut Pertagas mampu menghasilkan program tepat guna yang memberikan manfaat berkelanjutan untuk masyarakat,” kata Elok.

Dalam menjalankan operasional perusahaan, Pertagas berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan dan pengembangan masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya kontribusi perusahaan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nasional.

Editor: Alam