Inilah Gagasan Hitler Yang Jadi Inspirasi Umat Manusia Hingga Saat Ini

Penulis: Rio Indrawan - Waktu: Minggu, 30 Maret 2014 - 07:26 AM
Credit by: Adolf Hitler (Ist)

Jakarta, PINews.com - Adolf Hitler pernah menjadi salah satu manusia yang paling dibenci di dunia dengan paham Nazinya. Dunia bahkan menghujatnya sebagai penjahat perang.

Namun siapa sangka kepemimpinannya di Jerman pada saat itu membawa sejumlah dampak positif dan bentuk-bentuk gagasannya masih terasa di dunia hingga saat ini. Inilah gagasan mendunia Hitler yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Kampanye Anti Rokok

Pada awalnya Hitler memang perokok berat dan ia berhasil berhenti. Kesadarannya akan bahaya merokok membuat diadakannya kampanye rokok besar-besaran di Jerman yang berhasil mengurangi jumlah perokok hingga ke wilayah Eropa. Ia membatasi jatah rokok, melarang merokok di tempat umum dan terbuka, serta mengkritik pengolahan tembakau.

2. Penggagas Mobil Rakyat: Volkswagen

Mobil kodok atau VW dulunya merupakan gagasan Hitler untuk menyediakan mobil murah bagi rakyat. Kesuksesan VW pada masa itu memang sempat terhenti akibat gejolak perang dunia, namun kenyataannya hingga hari ini VW terus berkembang hingga ke seluruh dunia.

3. Penggagas Jalan Tol

Jalan tol pertama di dunia digagasi oleh Hitler sebagai pemermudah jalur perang di Jerman. Pada penghujung tahun 1933 kontruksi pertama dimulai dan berakhir pada tahun 1941 sebanyak dua konstruksi dengan panjang melebihi 3000 km. Gagasan Hitler ini kemudian diadopsi pertama kali oleh Amerika pada tahun 40-an untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

4. Pengembang Roket Pertama

Kamu tahu gak, roket pertama di dunia sebenarnya dikembangkan di bawah stasiun penelitian Hitler? Para ilmuwan Jerman yang dikepalai oleh Werner von Braun berhasil membuat roket V-2. Akibat penangkapan sekutu akhirnya Braun berdomisili di Amerika Serikat dan bergabung dengan NASA. Di sana ia berhasil membuat roket pendorong Saturn V yang mengawali sejarah manusia menyentuh bulan pada tahun 1969.

5. Perintis Teknologi Film

Pada masa kepemimpinan Hitler, banyak film kontroversial yang disebarkan bagi kepentingan NAZI. Untuk membuat film dengan durasi rata-rata dua jam tersebut, digunakan berbagai editan dan teknik perpindahan kamera untuk menghasilkan efek halus pada gambar sehingga Jerman menjadi perintis tekhologi perfilman yang terus berpengaruh dan mengalami perkembangan hingga saat ini.

6. Penggagas Perlindungan Hewan

Kamu tahu, Hitler adalah seorang vegetarian. Hal ini memang dilandasi alasan kejijikan Hitler melihat daging ketika menyaksikan otopsi bunuh diri keponakannya. Namun, sejarah membuktikan bahwa Hitler bukan saja menetapkan hukum perburuan nasional bagi Jerman, ia juga membiayai pendidikan konservasi hewan hingga tingkat perguruan tinggi, dan hukum perlindungan terhadap hewan yang juga diakui serta didukung dunia.

7. Penggagas WHW (Winter Help Work)

WHW atau kampanye bantuan musim dingin yang digalakkan oleh Hitler lewat program amal NAZI membantu lebih dari 16 juta jiwa rakyat Jerman pada tahun 1933-1934. WHW merupakan bentuk kepedulian Hitler terhadap solidaritas nasional hidup rakyat Jerman. Program amal seperti ini diikuti banyak Negara setelahnya

Editor: Rio Indrawan