FIFA Anggap Brasil Belum Siap Gelar Piala Dunia

Penulis: Rio Indrawan - Waktu: Senin, 7 April 2014 - 13:20 PM
Credit by: Salah satu stadion di Brasil yang belum rampung pembangunannya (BBC)

Jakarta, PINews.com - Perhelatan akbar Piala Dunia Brasil 2014 sudah menghitung hari, namun sang tuan rumah dinilai FIFA masih belum siap menyelenggarakan pesta akbar sepakbola empat tahunan itu.

Hal tersebut diamini sendiri oleh Sekretaris Jendral FIFA Jerome Valcke. Ia mengungkapkan ada dua stadion yang belum merampungkan pembangunannya.

"Jika anda ingin saya merangkum, maka kami belum benar-benar siap," kata pejabat asal Prancis itu. "Kami masih harus menyelesaikan pembangunan dua stadion."

Namun seperti ditulis kantor berita Antara, Valcke sendiri menegaskan bahwa “tidak ada alasan” untuk menunda Piala Dunia.

Penyelenggaraan PIala Dunia kali ini memang kerap kali mendapat masalah, yang paling terlihat adalah persiapan stadion dan banyak jatuhnya korban jiwa.

Pekan lalu, seorang pekerja konstruksi terjatuh kemudian tewas di Arena Corinthian Sao Paulo, yang bakal menjadi tempat pertandingan antara Brasil melawan Kroasia.

Pada November tahun lalu, tiga orang tewas tertimbun runtuhan bangunan  stadion. Jumlah keseluruhan korban kini mencapai delapan orang yang telah meninggal dunia selama pembangunan stadion.

Seorang pejabat dari wilayah Porto Alegre mengatakan pembangunan stadion di wilayahnya memerlukan tambahan dana untuk merampungkan fasilitas bagi media, sponsor dam fans. Stadion Beira Rio bakal menghelat lima laga selama turnamen berlangsung.

Valcke, yang telah berkunjung ke Brasil pekan lalu, menyatakan dana siap digelontorkan. 

Editor: Rio Indrawan