Baru Tahap I, Pemkot DKI Jakarta Butuh Rp 1 Triliun Untuk Tanggul Laut Raksasa

Penulis: - Waktu: Senin, 15 September 2014 - 14:14 PM
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com – Bencana banjir yang selalu mengancam ibu kota Jakarta memaksa Pemkot harus segera memikikan cara jitu menanggulangi bencana yang pasti dating dan menyebabkan kerugian. Untuk itu Proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau lebih dikenal dengan Giant Sea Wall (Tanggul Laut Raksasa) terus dikebut Pemprov DKI. Untuk tahap awal (tahap A) Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI akan melakukan perbaikan tanggul di utara Jakarta dengan alokasi anggaran sebesar Rp 1 triliun.

"Kita anggarkan sebesar Rp 1 triliun untuk pembuatan dan penguatan tanggul di utara Jakarta," kata Suwandi, Kepala Seksi Pelaksanaan dan Pengendalian Sarana dan Prasarana Pengendali Banjir Dinas PU DKI Jakarta, Heria Suwandi seperti dilansir Berita Jakarta.

Menurut Suwandi pembangunan dan penguatan tanggul merupakan tahap awal sebelum dibuatnya Tanggul Laut Raksasa. Tujuan pembangunan tersebut untuk menahan air pasang agar tidak masuk ke daratan.

"Ini adalah tahap A atau awal sebelum kita membangun Tanggul Laut Raksasa atau NCICD itu," ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku sampai saat ini anggaran belum dapat dicairkan. Pasalnya, masih dalam tahap lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa DKI Jakarta, dan pihaknya akan mengawal proses lelang tersebut.

“Kegiatan anggarannya dinamakan Pembangunan Tanggul Pantai untuk mendukung NCICD. Kita lagi genjot terus di ULP, supaya bisa segera dilaksanakan lelangnya tahun ini,” ujarnya.

Ia menyebut, tanggul di utara Jakarta yakni sepanjang 32 kilometer. Namun tidak semua pembangunan tanggul dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Sebagian besar diserahkan kepada pengembang. Pemprov DKI Jakarta hanya berkewajiban sepanjang 8 kilometer saja. Namun, dari jumlah tersebut hanya 3 kilometer saja yang belum ditanggul. Sementara 5 kilometer lainnya sudah ditanggul namun perlu penguatan dan peninggian. Terlebih tinggi tanggul yang ada saat ini hanya setinggi 2,4 meter. Sementara jika air pasang ketinggiannya bisa mencapai 2,5 meter. Nantinya semua tanggul dibangun setinggi 5 meter.

Editor: Rio