Wow, Rutin Berhubungan Intim Mampu Kurangi Resiko Kanker Prostat

Penulis: ZK - Waktu: Rabu, 29 Oktober 2014 - 22:54 PM
Credit by: Ilustrasi
Jakarta, PINews.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang telah berhubungan seks dengan lebih dari 20 perempuan dapat mengurangi risiko kanker prostat sebesar 28%.

Sebaliknya, pria yang tidur dengan sesama jenis lebih dari 20 kali memiliki risiko dua kali lebih besar terkena kanker prostat daripada mereka yang tidak pernah berhubungan seks dengan sesama jenis.

Seperti dilansir dari Askmen pada Rabu (29/10), penelitian tersebut dilakukan oleh University of Montreal dan Institut Armand-Frappier pada 3.208 pria antara tahun 2005-2009.

"Memiliki banyak pasangan seks perempuan menghasilkan frekuensi ejakulasi lebih banyak, yang dapat melindungi mereka dari kanker prostat," kata kepala penelitian, Dr. Marie-Elise.

Disebutkan juga bahwa hubungan seksual dapat mengurangi konsentrasi zat karsinogenik dalam cairan prostat. Penelitian ini sendiri merupakan studi pertama yang menemukan hubungan antara jumlah pasangan seksual dan kanker prostat.

Kanker prostat sendiri adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil,disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Editor: RI