Peringatan Peristiwa Merah Putih Yang Heroik di Sangasanga
Credit by: Upacara peringatan peristiwa merah putih (Zaky / portalindonesianews.com)

Sangasanga, PINews.com - Selain hari kemerdekaan Republik Indonesia dan hari pahlawan, muungkin zaman sekarang sulit menemukan kegiatan yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan. Padahal jasa mereka tenu sangatlah besar terutema para pahlawan yang gugur di pelosok daerah yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah demi kebebasan generasi mereka yang tidak lain adalah kita sendiri.

Untuk menghormati jasa para pahlawan yang rela berkorban segalanya demi kesejahteraan anak cucunya PT Pertamina EP Asset 5 bersama seluruh elemen masyarakat Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menggelar upacara peringatan peristiwa Merah Putih pada Senin (27/1).

Seperti diketahui wilayah Sangasanga kaya akan sumber daya minyaknya. Pada saat zaman awal kemerdekaan, Belanda menduduki wilayah ini guna mendapatkan pasokan minyak yang dipergunakan untuk perang.

Dengan keberanian dan pengorbanan, para pejuang berhasil mengusir penjajah dari tanah ibu pertiwi tepat di 27 Januari 1947.

Turut hadir dalam upacara peringatan adalah Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak dan Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari. Dalam amanatnya Gubernur berpesan masyarakat hendaknya mengisi kemerdekaan dengan semangat perjuangan para pahlawan dalam berkarya.

Menurut Gubernur, peringatan Peristiwa Merah Putih digelar untuk mengenang kembali jasa para pendahulu baik para pejuang maupun warga yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

"Perjuangan tersebut patut dikenang sebagai teladan untuk memajukan daerah melalui pembangunan, khususnya Sanga-Sanga dan Kaltim pada umumnya," ujarnya.

Sementara itu,  perwakilan dari PT Pertamina EP yakni General Manager Field Sangasanga  Hanief Jauhari berharap agar Peristiwa Merah Putih bukan hanya sekedar diperingati, akan tetapi bagaimana kita menghayatinya.

"Kita sebagai perusahaan migas nasional jelas sangat menghargai jasa para veteran juga pahlawan perang yang telah berjuang merebut Sangasanga sebagai kota minyak dari tangan Belanda",jelas Hanief saat dijumpai usai upacara.

Berkat jasa para pahlawan perang yang telah berkorban untuk Indonesia merdeka,sekarang kita bebas menentukan pilihan, bebas menentukan bisnis, dan kita juga bebas mengelola bisnis migas.

"Terkait dengan perjuangan para pahlawan dan veteran kita di Sangasanga yang masih hidup sampai sekarang, perusahaan harus siaap membantu dan mengapresiasi mereka sebaik-baiknya", tambah Hanief.

Editor: Rio Indrawan