Sebentar Lagi Masuk Monas Menggunakan e-Ticketing
Credit by: Ilustrasi Monas (Ist)

Jakarta, PINews.com - Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional (UP Monas) akan menerapkan sistem tiket elektronik (e-ticketing) untuk mempermudah pengawasan terhadap kawasan wisata ini. Suryanto selaku Pelaksana Tugas Unit Pengelola Monas mengunkapkan dalam waktu dekat sistem baru akan segera diterapkan bagi siap saja yang mau mengunjungi kawasan wisata kebanggaan Jakarta ini. "Nanti dari pintu masuk pengunjung sudah bisa membeli e-ticket dan mengisi sejumlah uang dalam kartu elektronik tersebut," terangnya.

Namun, ia menegaskan rencana ini masih dalam koordinasi dengan beberapa pihak, seperti Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Bank DKI, Biro Hukum dan Pemprov DKI Jakarta. Ia menambahkan, sistem mulai diterapkan pada awal tahun 2016, juga untuk menertibkaan para pedagang kaki lima yang berjualan tanpa izin.

"Rencananya nanti kami akan sediakan mesin minuman agar pengunjung tidak perlu membeli ke PKL, dan tukang foto juga akan dibuatkan mesin debet sehingga semua transaksi di kawasan Monas akan nontunai,"tambahnya. Sejak awal Januari hingga September 2014, tercatat sebanyak 844.745 orang yang telah mengunjungi Monas, baik itu wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Editor: RI