Taiwan : Soal Demokrasi, Indonesia Layak Jadi Contoh Negara-negara Di Asia
Credit by: ilustrasi unjuk rasa damai sebagai implementasi demokrasi (Ist)

Jakarta, PINews.com - Pemerintah Taiwan menganggap Indonesia sebagai negara paling demokratis, sehingga layak menjadi contoh bagi negara-negara di Asia.

"Kami terus mengikuti perkembangan situasi politik di Indonesia. Kami melihat situasi di sana sangat menarik," kata Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Andrew JC Kao,seperti dilansir kantor berita Antara.

Ia melihat tingginya suhu politik di Indonesia tidak berdampak serius terhadap perekonomian. Bahkan pemilihan presiden yang ketat karena diikuti hanya dua pasangan calon, dan berakhir dengan lancar serta tidak menimbulkan dampak sosial yang berarti.

Menurut dia, Indonesia memiliki peran yang sangat strategis di kawasan Asia-Pasifik, sehingga kerja samanya di bidang ekonomi dan perdagangan akan terus ditingkatkan.

"Bagaimana pun kami tetap menghargai kebijakan politik satu China yang dianut Indonesia. Namun, kami tetap menganggap Indonesia sebagai mitra strategis," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kao juga menyampaikan tentang situasi demokrasi di Taiwan, terutama menjelang pemilihan kepala daerah (major/wali kota) di empat wilayah, termasuk Kota Taipei, Sabtu (29/11).

"Besok rakyat Taipei akan memilih major. Ada tujuh kandidat yang bersaing memperebutkan kursi major di Kota Taipei," ucapnya didampingi Direktur Jenderal Pelayanan Informasi Internasional Kementerian Luar Negeri Taiwan, Manfred PT Peng, itu.(antara)

Editor: RI