TNI Targetkan 3 Kapal Pencuri Tenggelam Akhir Tahun Ini
Credit by: Menko Polhukam Tedjo Edy Purdjianto (Ist)

Jakarta, PINews.com - Pemerintah menargetkan 3 kapal pencuri ikan di perairan Natuna segra ditengglamkan pada akhir tahun 2014 ini. Tentu penenggelaman tersebut menurut Menko Polhukam Tedjo Edy Purdjianto akan sesuai aturan dan prosedur.

3 kapal yang beroperasi di wilayah Pulau Matak Kecamatan Pal Matak, Kabupaten Anasmbas, Kepulauan Riau itu diketahui adalah kapal berbendera Vietnam, instruksi penenggelaman bahkan datang langsung dari presiden Joko Widodo.

Menurut Tedjo, penenggelaman ditujukan untuk membuktikan ketegasan Indonesia kepada dunia internasional dan para pencuri ikan.

Pesannya adalah jangan sekali-kali melakukan illegal fishing di perairan Indonesia” kata Tedjo seperti dilansir dari setkab.

Sementara itu untuk memperkuat koordinasi keamanan maritim, segera dibentuk Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang akan diresmikan pada 13 Desemeber mendatang.

Saat ini untuk mengawasi perairan Nusantara, pemerintah menyiagakan 67 kapal yang 24 siap bergerak. Kapal tersebut terdiri atas kapal KKP, Bea Cukai, Kepolisian RI (Polri), dan TNI AL.

Editor: RI