Paus Fransiskus Kritik Tajam Birokrasi Vatikan
Credit by: Paus Fransiskus (Ist)

Vatikan, PINews.com - Kabar negatif tentang birokrasi di Vatikan sudah lama terdengar dan menjadi isu yang kerap dibicarakan. Bahkan menjelang Natal, Paus Fransiskus pun gerah dengan kondisi ini. Dalam pidatonya didepan Kardinal, Paus Fransiskus dengan tegas mengkritik lembaga birokrasi di Vatikan.

“Curia sudah terserang belasan penyakit," sebut Paus seperti dilansir dari BBC. Curia sendiri adalah badan pusat administrasi Gereja Katolik Roma, yang menurut Paus sudah terserang spritual alzheimer dan menjadi kelompok gosip

Paus menganalogikan apa yang dilakukan Curia seperti orkestra yang memainkan nada dengan tidak harmonis. Di dalam Kuria, Paus juga melihat, sama sekali tak ada semangat demi bekerja dalam satu tim.

Menurut Paus saat ini ada beberapa anggota dari Curia yang haus kekuasaan. Bahkan mereka rela untuk menghancurkan reputasi dari rekan setimnya di dalam curia demi obsesinya itu. Ia menginginkan penyembuhan dari Curia dapat terwujud di tahun depan.

“Saya frustasi melihat kerja yang lamban dan birokrasi yang rapuh, saya menginginkan reformasi di tubuh Curia," pungkas pria yang terpilih menjadi Paus sejak tahun 2013..

Editor: RI