Resolusi Ingin Tercapai? Ini Tips Hilangkan Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Awal tahun ini pasti anda memiliki berbagi resolusi ataupun pencapaian yang belum tercapai atau baru anda buat. Target tersebut niasanya berhubungan erat dengan masalah finansial. Sudah cerita lama jika resolusi yang berhubungan dengan finansial sangat susah untuk terwujud, dikarenakan kebiasaan uruk anda dalam mengatur alur asuk keuangan. Alhasil resolusi anda di tahun baru akan menjadi resolusi yang menumpuk untuk diwujudkan di tahun-tahun yang akan datang.

Tim redaksi Portal Indonesia News mencoba merangkum tips sederhana dilansir dari laman garyawan.com yang bisa anda jalankan untuk menghilangkan atau minimal menglola kebiasaan buruk anda dalam hal mengatur keuangan agar resolusi anda yang berhubungan dengan finansial dapat terwujud.

KENALI PEMICU
Lihat apa pemicu dari kebiasaan buruk Anda, misalnya setelah Anda bekerja sepanjang hari di kantor, apakah Anda mengalihkan stres dengan cara melakukan belanja online? Atau setiap kali Anda pergi makan di restoran bersama teman, Anda cenderung memilih menu steak atau menu paling mahal? Dengan mengamati kembali kebiasaanmu, Anda akan tahu bagaimana mengatasinya, dan bagaimana cara mengontrol perilaku tersebut.

TENTUKAN PENGGANTINYA
Setelahya, gantilah kegiatan tersebut, misalnya ketika malam hari Anda tidak dapat tidur Anda terbiasa ke toko online untuk berbelanja sesuatu. Kini ubah kebiasaan tersebut dengan membaca buku, atau menonton film. Jadi Anda masih punya kegiatan lain yang bisa membantu Anda mengisi waktu sebelum tidur, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Anda juga bisa memikirkan sebuah rencana jangka panjang sebagai penghargaan atas berhasilnya Anda mengubah kebiasaan buruk itu. Misalnya, tuliskan rencana liburan Anda ke kota favorit atau tujuan akhir Anda adalah tidak ingin lagi berutang dan menggunakan kartu kredit. Saat Anda didorong ke arah kebiasaan buruk itu, maka Anda harus segera fokus pada penghargaan Anda nantinya, yaitu berupa tujuan jangka panjang.

CIPTAKAN RUTINITAS BARU
Langkah terakhir untuk meninggalkan kebiasaan burukmu adalah dengan menciptakan rutinitas yang baru. Tuliskan hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan, begitu Anda memiliki keinginan untuk mengeluarkan uang. Berbagai studi menunjukkan cara itu merupakan cara paling kuat untuk menciptakan sebuah kebiasaan baru. Dengan fokus pada langkah kecil, Anda akan lebih mudah mencapainya tiap minggu. Tanpa Anda sadari, perubahan kecil itu bisa mengarah pada perubahan yang lebih besar lagi.

Editor: RI