Awas, Pola Tidur Pengaruhi Kemampuan Olah Raga
Credit by: Ilustrasi (ist)

Jakarta, PINews.com - Kemampuan olah raga setiap manusia sangat berkaitan dengan pola tidur masing-masing orang. Seseorang yang biasa bangun pagi hari, misalnya, kemampuannya akan memuncak pada pukul 12 siang, ungkap sebuah hasil penelitian.

Penelitian yang dilakoni sekelompok ilmuwan dari Universitas Birmingham, Inggris, melibatkan 20 pemain perempuan hoki. Mereka diminta untuk berlari sejauh 20 meter dengan kurun waktu yang makin lama makin pendek. Aksi itu kemudian dilakukan dalam enam periode terpisah antara 07.00 dan 22.00.

Hasil tes tersebut menunjukkan kemampuan para atlet memuncak pada sore hari. Namun, ketika para ilmuwan menelisik setiap orang secara lebih khusus, mereka mendapatkan hasil yang spesifik.

Atlet yang punya kebiasaan bangun tidur pagi-pagi buta, kemampuannya akan memuncak pada pukul 12.00. Lalu, kemampuan atlet yang bangun tidur tidak terlalu pagi bakal mencapai level tertinggi sekitar pukul 16.00.

Ini membuktikan bahwa pola tidur menjadi perana penting dalam kemampuan olahraga manusia. Jadi bagi anda seorang atlet jangan sekali-sekali meremehkan kebiasaan tidur.

Editor: HM