Prabowo Bertemu Jokowi, Pengamat: KMP Menang Banyak
Credit by: Prabowo dan Presiden Joko Widodo (Ist)

Jakarta, PINews.com - Pengamat Komunikasi Politik Gun Gun Heryanto mengatakan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Istana Bogor beberap waktu lalu akan sangat menguntungkam Koalisi Merah Putih (KMP).

"Untungnya bukan untuk Gerindra saja, tapi untuk KMP secara seluruhnya. Memang tidak untuk bergabung dalam pemerintahan, tapi dalam kebijakan kan bisa saja," kata Gun Gun di Jakarta, Senin (2/2).

Pertemuan dua tokoh yang pada Pilpers lalu mendapat sorotan publik tersebut menurut Gun Gun, dilakukan agar Presiden Jokowi mendapat dukungan moral dari rivalnya. 

Dan bukan tidak mungkin KMP akan membantu secara dukungan politik guna melepaskan Jokowi dari bayang-bayang KIH ihwal beberapa kebijakan Presiden Jokowi yang banyak pihak menduga ada campur tangan KIH dibelakangnya.

"Jokowi ingin memperlihatkan bahwa ada kelompok lain yang bisa saja jadi pendukungnya. Itu kan bisa dilihat dari pernyataan pak Prabowo kemarin yang bilang apapun keputusan presiden akan dia dukung," papar Gun Gun.

Gun Gun melihat, saat ini Presiden Jokowi tengah mencari dukungan diluar koalisi yang selama ini mendukungnya untuk mencari alternatif dukungan lain.

"Presiden membutuhkan dukungan dari partai sebanyak-banyaknya untuk mencari ruang dukungan politik yang kuat. Jadi Jokowi punya pesan bahwa ada kekuatan lain yang bisa memberi dukungan ke dirinya," jelas Gun Gun.

Ia juga melihat adanya celah dari pertemuan tersebut yang dimanfaatkan oleh KMP melalui Prabowo untuk memasukan agenda tersembunyi KMP. 

"Kalo pun enggak di pemerintahan, paling tidak agenda-agenda KMP dalam pemerintahan bisa dijalankan bersama Jokowi," tutup Gun Gun.

Editor: RI