Empat Dokumen Asli Magna Carta Untuk Pertama Kalinya Disatukan
Credit by: Ilustrasi (ist)

London, PINews.comEmpat dokumen asli Magna Carta untuk pertama kalinya disatukan di London, untuk menandai ulang tahun ke-800 peresmian dokumen tersebut.

Magna Carta disahkan di Runnymede, di barat London, pada 15 Juni 1215 oleh Raja John dan dianggap sebagai salah satu dokumen paling penting dalam sejarah, karena menjadi dasar sistem demokrasi parlementer.

Raja John menyetujui Magna Carta untuk mengatasi perlawanan yang dilancarkan para bangsawan.

Magna Carta di antaranya memuat prinsip bahwa tidak ada seorang pun yang berada di atas hukum, termasuk raja.

Dokumen ini menjadi sumber acuan dokumen-dokumen penting lain, termasuk konstitusi Amerika Serikat dan piagam PBB tentang deklarasi universal hak asasi manusia.

Empat dokumen asli ini akan dipamerkan di perpustakaan nasional Inggris, British Library, selama tiga hari sebelum dibawa ke gedung parlemen Inggris selama satu hari.

Dari empat dokumen asli ini, nantinya dua dokumen dikembalikan ke British Library, sisanya akan dikirim ke Katedral Lincoln dan Katedral Salisbury, yang menjadi tempat penyimpanan dokumen tersebut selama ini.

Setelah disahkan pada 1215 Magna Carta digandakan sebanyak 250 kopi, untuk dikirim kepada para pejabat hukum dan keagamaan.

Dari jumlah tersebut diketahui 17 kopi selamat atau bertahan hingga sekarang.

Editor: HM