Alasan Etika Bisnis, Pertamina Masih Tutupi Harga Impor Minyak
Credit by: Gedung Pertamina (ist)

Jakarta, PINews.com - PT Pertamina (Persero) masih merahasiakan harga nominal minyak mentah yang dibeli oleh perusahaan pemenang tender bulan Januari diantaranya National Oil Company Azerbaijan, Socar Trading Singapore Pte Ltd, dan Vitol Group asal Belanda yang berbasis di Swiss.

Vitol Group menyuplai minyak mentah jenis Qua Iboe Sebesar 2 juta barel, sedangkan Socar memasok minyak mentah jenis Azeri sebanyak 2 juta barel.

Daniel Purba Selaku Vice President Integreted Supply Chain (ISC) Pertamina mengatakan, Pertamina tidak bisa mendisclose harga karena ini adalah etika bisnis internasional best practice dalam kegiatan jual beli internasional. "Bukan karena tidak ada transparansi, tetapi ini hanya untuk menjaga etika bisnis" Ujar Daniel, siang tadi di Kantor Pusat Pertamina, Selasa (17/2)

Daniel mengatakan, kisaran harga bisa saja dipublikasikan di pasar internasional. Tetapi, tidak bisa diberitakan lantaran Pertamina merupakan salah satu perusahaan pengadaan minyak.

"Ini untuk menjaga kenyamanan kompetitifnes dalam kegiatan pengadaan dibulan-bulan berikutnya, bukan berarti ini data rahasia karena kita menutupi, tidak sama sekali, ini lebih kepada menjaga iklim internasional trading dimana kita menjadi salah satu playernya, perusahaan lain pun tidak membeberkan harganya," kata dia.

Editor: RI