Kegiatan Ekstrakuikuler Sangat Penting Bagi Pelajar, Ini Manfaatnya
Credit by: Ilustrasi Kegiatan Ekstrakurikuler (Ist)

Jakarta, PINews.com - Menekuni kegiatan ekstrakurikuler bagi pelajar merupakan hal yang penting di samping menjalankan aktivitas akademis. Kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi anak. Beberapa ahli sepakat kalau ekstrakurikuler penting untuk mendukung kemajuan anak di bidang akademis. Jadi meskipun orang tua ingin fokus pada kemajuan pendidikan anak, sebaiknya anak memiliki kegiatan sampingan yang positif untuk menghindari beban secara psikologis kepada anak yang belajar dengan paksaan.

Dukungan Anda dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau di klub olah raga anak anda sangatlah penting. Berikut adalah kenapa kegiatan ekstrakurikuler bermanfaat untuk anak :

1. Menjadikan anak aktif
kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang dan kesempatan kepada anak untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif. Kemungkinan bagi mereka untuk bersentuhan dengan hal-hal negatif di luar sekolah juga jadi berkurang. Mengurangi tingkat stress pada anak.

2. Mengajarkan kerja sama tim
Dalam kegiatan ektrakulikuler memberikan bagaimana cara anak berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain, mengajarkan anak untuk komunikasi dan koordinasi sejak dini, meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi dan mereka belajar untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan cara positif, dengan bersosialisasi ini akan menjadikan anak - anak pribadi yang lebih terbuka dan kuat.

3. Menyalurkan energi dan kreativitas
Kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi anak untuk menyalurkan energi dan kreativitas, menyalurkan minat dan mengembangkan bakatnya.

4. Mengurangi risiko stres
Melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar aktivitas sekolah bisa menjadi terapi anti depresi yang ampuh bagi anak - anak. Selama aktivitas ekstrakurikuler anak mendapat kesempatan untuk bersantai dan melepaskan ketegangan selama jam pelajaran.

5. Belajar manajemen waktu
Kegiatan ekstrakurikuler menjadikan anak memiliki banyak kegiatan sehingga mereka harus belajar untuk mengatur dan memprioritaskan waktu. Poin - poin seperti inilah yang akan berguna untuk mereka di masa depan.

Editor: RI