Smartphone Berbahaya Bagi Kesehatan Mental Manusia?
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Selain menggambarkan kemajuan zaman, smartphone sudah bukan menjadi rahasia umum mengubah pola hidup dan berpikir umat manusia di planet Bumi ini. penelitian terbaru bahakan menyebutkan bahwa smartphone cukup berbahaya bagi kesehatan mental si pnegguna.

Zaheer Hussain, dosen psikologi senior di University of Derby bersama tim nya menemukan fakta terkait mental manusia yang kecanduan menggunakan smartphone yang dapat mempengaruhi syaraf mental pada manusia.

“Dampak paling buruk adalah narsisme dan tingkat neurotisisme (sifat syaraf mental) yang menampilkan ciri-ciri kepribadian negatif termasuk apatis, skeptik, kemurungan, kecemburuan, iri hati dan merasa kesepian, telah berkaitan erat dengan kecanduan smartphone," kata Zaheer Hussain,seperti dilansir dari ndtv.

Adanya berbagai aplikasi menarik seperti sosial media dan game yang membuat irang mengecek dan melihat smartphone setiap waktu dapat mempengaruhi kodisi psikologis para pengguna smartphone.

Dalam penelitian terungkap, 25% sample pengguna smarphone mengaku mereka memiliki masalah komunikasi kepada rekan dan kerabatnya di dunia komunikasi nyata. Ini diakibatkan keseringan menggunakan smartphone.

"Hubungan yang relevan dan signifikan ditemukan antara narsisme dan kecanduan ponsel, yang mana menunjukkan bahwa semakin narsis seseorang, semakin besar kemungkinan mereka akan kecanduan smartphone mereka. Perilaku narsis yang kerap ingin memamerkan sesuatu misalnya kekayaan, kecantikan, prestasi, perjalanan ke luar negeri, akan mendorong seseorang untuk memamerkannya ke aplikasi jejaring sosial di smartphone. Ini adalah awal kecanduan smartphone. Dan saling berkaitan satu dengan yang lain," jelas Hussain.

Editor: RI