Dicurigai Terlibat Kelompok ISIS, 16 WNI Ditangkap Di Turki
Credit by: Turki tingkatkan perbatasannya dengan Suriah, karena sering dijadikan lalu lintas para simpatisan ISIS (BBC)

Jakarta, PINews.com - Indonesia kembali dihubung-hubungkan dengan ISIS. Kali ini 16 warga Indonesia ditahan oleh pemerintah Turki saat ingin menyebrang ke perbatasan Suriah.

Penangkapan ini dilakukan karena dicurigai 16 warga yang terdiri dari tiga keluarga ini berniat untuk bergabung dengan ISIS. Namun pihak keamanan terkait masih menncoba menggali informasi lebih dalam.

Pemerintah indonesia melalui Kedubes dan Konjennya sudah mengkonfirmasi penangkapan ini. “KBRI Ankara dan KJRI Istanbul telah lakukan koordinasi secara terus menerus dengan otoritas di Turki” kata Menlu RI, Retno Marsudi seperti dikutip dari BBC Indonesia.

Kecurigaan pihak kemanan Turki terkait keterlibatan 16 WNI dengan ISIS dikarenakan, para WNI menggunakan jalur yang biasa digunakan simaptisan ISIS saat ingin menyebrang ke Suriah.

“Ke-16 orang ini kini ditahan di pusat penahanan” kata Jubir Kemenlu Turki, Tanju Bilgic.

Saat ini utusan dari Kedubes dan Konjen RI sudah berhubungan dengan ke 16 WNI. Hingga kini belum diketahui apakah 16 WNI yang ditangkap adalah 16 WNI yang dilaporkan hilang tiba-tiba di Turki beberapa har lalu atau bukan.

Editor: RI