Akhirnya Polisi Palestina Bertugas Di Wilayah Caplokan Israel
Credit by: Anggota Polisi Palestina (Ist)

Ramallah, PINews.com - Untuk pertama kalinya petugas Kepolisan Palestin diijinkan berjaga dan berpatroli lengkap dengan senjata di wilayah B caplokan Israel.

Penempatan polisi itu hasil dari tindak lajut perundingan antara Palestina dan Israel yang memburu para pelaku tindak kejahatan yang kerap terjadi di sekitar wilayah B.

“Untuk pertama kali, polisi Palestina mengenakan seragam dan membawa senjata ditempatkan di Abu Dis, Al-Ram dan Bido," kata juru bicara polisi Palestina Louay Erzikat kepada AFP.

Wilayah B adalah salah satu wilayah hasil perundingan Oslo pada tahun 1993. Daerah A, yang meliputi delapan kota besar dan kota di Tepi Barat, di bawah kendali penuh warga dan keamanan Palestina, sedangkan daerah B, yang mencakup sekitar 22 persen Tepi Barat, berada di bawah kendali pemerintah Palestina tapi kendali keamanan dipegang Israel.

Daerah C, yang mencakup lebih dari 60 persen Tepi Barat caplokan, tempat sebagian besar permukiman Israel berada di bawah kendali penuh Israel, baik warga maupun keamanannya.

Sebelumnya dalam beberapa hari terakhir kondisi di tepi barat kembali memanas. Diberitakan bahwa satu orang Palestina cedera setelah kakinya ditembak tentara Israel dan 10 lagi ditahan karena melakukan unjuk rasa menolak pemukiman Israel di wilayah mereka. (AFP/ANT)

Editor: RI