Komisaris Baru Pertamina Tertarik IPO Anak Perusahaan
Credit by: Pertamina (Ist)

Jakarta, PINews.com - Pemerintah kembali merombak perusahaan migas negara Pertamina. kali ini perombakan besar-besaran terjadi di posisi jajaran komisaris utama Pertamina.

Dewan komisaris Pertamina dipimpin oleh Tanri Abeng sebagai Komisaris Utama. Dibelakangnya ada Sagara Lumban Gaol, Suahasil Nazara dan Widhyawan Prawiraatmadja.

Keempatnya diumumkan oleh Kementerian BUMN pada Rabu (6/5). Menteri BUMN, Rini Soemarno berharap sebagai orang-orang lama yang telah berkecimpung di dunia migas, para dewan komisaris baru diharapkan bisa membawa Pertamina menjadi benar-benar World Class Company.

“Dengan demikian diharapkan estafet lebih cepat segera bekerja sesuai dengan roadmap yang sudah ada untuk menjadi the real World Class Company," kata Rini di Jakarta.

Sementara itu, salah satu langkah baru yang santer terdengar akan dilakukan para direksi baru adalah dengan melego salah satu anak perusahannya. Ada tiga nama anak perusahaan yang gencar diisukan akan dilempar ke publik yakni PT Tugu Pratama, PT Pertamina Drilling Sevices Indonesia dan PT Pertamina Gas.

Terkait kabar tersebut, Komisaris Utama Pertamina, Tanri Abeng mengungkapkan tidak menutup kemungkinan anak perusahaan Pertamina IPO.

“Saya dukung sekali anak usaha Pertamina IPO. Soalnya dengan IPO perusahaan bisa meningkatkan transparansi dan publik juga bisa melihat,” kata Tanri Abeng.

Namun Tanri menegaskan jika langkah IPO diambil, itu menbutuhkan waktu terlebih dahulu untuk meningkatkan profitabilitas.

Editor: RI