Tim Sar Sudah Masuk Kawah Gunung Merapi Untuk Evakuasi Eri Yunanto
Credit by: Gunung Merapi (PIN)

Boyolali, PINews.com - Sedikitnya 150 personil SAR gabungan dikerahkan untuk melakukan evakuasi seorang pendaki asal Yogyakarta yang terperosok ke dalam kawah Gunung Merapi pada Sabtu (16/5).

Dari keterangan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Korban yang diketahui mahasiswa asal Universitas Atmajaya Yogyakarta bernama Eri Yunanto (21) diperkirakan berada di kedalaman sekitar 300 meter dari bibir kawah.

“Dari laporan terakhir tim sudah mencapai kedalaman 50 meter dari bibir kawah. Pencarian dihentikan sementara karena kondisi medan yang berat” kata Sutopo.

Sutopo menjelaskan, ada 12 anggota tim SAR yang dikerahkan untuk melakukan evakuasi dengan tugas memegang tali sebanyak 6 orang (sebagai anchor) dan 6 orang lainnya disepanjag jalur tali.

Upaya evakuasi sendiri akan dilanjutkan besok pagi (18/5), dan sesuai dengan rekomendasi Badan Geologi, evakuasi akan diusahakan selesai sebelum jam 12 siang. Hal itu harus dilakukan karena sinar matahari berpengaruh terhadap gas beracun yang keluar dari kawah.

Editor: RI