Pertamina Gas Optimis Target Laba 2015 Sebesar US $ 178,7 Juta Terlampaui
Credit by: Ilustrasi fasilitas produksi Pertamina Gas (Ist)

Jakarta,PINews.com -   Berkaca dari  kinerja  perusahaan pada  semester pertama,   PT  Pertamina Gas optimis bisa membukukan laba pada 2015 sesuai  target.   “Kita optimis ,  target laba  2015   akan tercapai sesuai  RKAP (rencana kerja dan anggaran perusahaan) sebesar  US S 178,7 juta,”  ujar  Presiden Direktur PT Pertamina Gas, Hendra Jaya,  di sela-sela acara buka puasa bersama dengan kalangan wartawan di Jakarta, kemarin. 

Sejak berdiri delapan tahun lalu, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) itu mencatatkan pertumbuhan  yang fantatis.  Pada 2014,  laba bersih perusahaan mencapai Rp 2,14 triliun (US$ 178,7 juta). Angka ini naik sekitar 12% dibanding perolehan laba tahun 2013 yang sebesar Rp 1,90 triliun (US$ 158,8 juta).  Padahal,   perusahana yang kini berumur delapan tahun ini baru mencatatkan labaUS $ 20 juta di ulang tahunnya yang  pertama 

" Kami menjadi salah satu anak perusahaan Pertamina yang berhasil melampaui nilai RKAP dari sisi laba di tahun 2014,” ujar Hendra .  Pertamina Gas kini menjadi penyumbang pendapatan ketiga terbesar, setelah Pertamina EP dan PHE  

Meningkatnya laba perusahaan tahun lalu,  menurut Hendra, tak lepas dari meningkatnya pendapatan usaha perusahaanVolume niaga gas pada 2014 mencapai 40.979 BBTU, meningkat 21% dari tahun sebelumnya yang berada di angka 33.866 BBTU. 

Begitu juga  dengan LPG.  Sepanjang 2014 pun mengalami peningkatan luar biasa menjadi 385 ton/day dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 259 ton/day. Sementara transportasi minyak (nett) pada tahun 2014 mencapai 12.880 BOPD atau meningkat 4,2% dari tahun sebelumnya yang berada di level 12.352 BOPD. Sementara volume transportasi gas mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar 3,3%, dari semula 1.428 MMSCFD menjadi 1.394 MMSCFD di 2014.

Genjot Proyek Untuk  Mempertahankan Pertumbuhan  

Dengan kinerja kinclong selama ini, Pertamina Gas berpotensi menjadi perusahaan gas dengan pendapatan terbesar di tanah air. Untuk mempertahankan pertumbuhan, perusahaan agresif  mengembangkan berbagi proyek antara lain Proyek Pipa Gas Muara Karang-Muara Tawar, Proyek Pipa Gas Gresik-Semarang, Proyek Pipa Gas Porong-Grati dan Proyek Pipa Gas Belawan-KIM-KEK. 

Dua proyek yang baru saja rampung dan beroperasi adalah pipanisasi Arun-Belawan dan Arun LNG Receiving & Regasification Terminal. Sampai dengan Bulan Mei 2015 progress pekerjaan Proyek Pipa Gas Belawan-KIM-KEK mencapai 72%, proyek ini ditujuan untuk mengatasi krisis energi untuk industri di daerah Sumatera Utara, dan ditargetkan akan commissioning pada Q4 2015. 

Adapun Proyek Pipa Gas Muara Karang – Muara Tawar, sampai dengan bulan Mei 2015, progress pekerjaan mencapai 41%. Untuk Proyek Pipa Gas Porong-Grati dan Proyek Pipa Gas Gresik – Semarang, sudah mulai memasuki tahap konstruksi. Sementara  dua  proyek yang baru saja rampung dan beroperasi adalah pipanisasi Arun-Belawan dan Arun LNG Receiving & Regasification Terminal.

Selama 2014, PT Pertamina Gas juga menunjukkan kinerja sosial yang positif. Pada tahun tersebut Pertagas berhasil melaksanakan program CSR dengan total dana lebih Rp 3,5 miliar yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat serta donasi untuk bantuan sosial kemanusiaan di wilayah bencana.

Editor: RI