Desain Tidak Sesuai Selera Kim Jong-Un, Arsitek Bandara Pyongyang Dieksekusi Mati
Credit by: Kim Jong-un bersama istrinya saat mengunjungi Bandara Pyongyang(Reuters)

Jakarta, PINews.com - Korea Utara bersiap menyambut peresmian bandara internasional terbarunya di kota Pyongyang pada 1 Juli 2015 mendatang. Bandara yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan kemewahan ini pun mendapatkan apresiasi tinggi dari pemimpin Korut, Kim Jong-Un saat mengunjungi bandara tersebut beberapa hari lalu.

Namun dibalik kesuksesan penbangunan bandara itu, ternyata ada cerita mengerikan yakni sang arsitek bandara tidak akan melihat hasil karyanya. Sang arsitek yang diketahui bernama Ma Wo Chun, direktur Departemen Desain  di Komisi Pertahanan Nasional Korut diduga telah dieksekusi mati atas perintah Kim Jong-Un.

Ia diduga dieksekusi pada November 2014 karena dituduh melakukan korupsi dan tidak menaati perintah. Tidak menaati perintah dalam hal ini artinya adalah desain bandara yang tidak sesuai dengan selera Kim Jong –Un.

Untuk diketahui, pembangunan bandara sempat dihentikan sementara karena desainnya tidak sesuai dengan keinginan Kim Jong-Un.

“Kekurangan terlihat di fase terakhir pembangunan terminal II karena desainer melupakan pemikiran partai mengenai kehidupan dan jiwa serta inti dalam arsitekturnya untuk menjaga identitas dan karakter nasional,” terang Kim dari transkrip yang dikutip Mirror.

Eksekusi pejabat Korut sepertinya bukanlah hal baru, karena sebelumnya dilaporkan bahwa Menteri Pertahanan Hyon Yong-chol juga dieksekusi mati karena tertidur saat sebuah acara militer berlangsung.

Editor: RI