Pihak Berwenang Bongkar Bisnis Air Zamzam Palsu Di Mekkah
Credit by: Ilustrasi pembagian Air Zamzam (Ist)

Mekkah, PINews.com - Pihak berwenang Arab Saudi menggerebek sebuah rumah di wilayah Al-Kaakiya yang menjadi tempat pembuatan air zamzam palsu. Sedikitnya ada 3.500 galon air yang disita dari hasil penggerebekan ini (30/6).

Dilansir dari Saudi Gazette, dalam penggerebakan itu juga ditahan beberapa tersangka yang berasal dari beberapa negara berbeda.

Para pelaku pengopolos air zamzam mengambil keuntungan besar saat bulan suci Ramadhan, di mana permintaanakan air zamzam meingkat tajam.

Ini bukanlah kali pertama kasus pemalsuan air zamzam. Pemerintah Arab Saudi pernah menciduk beberapa orang yang kedapatan sedang mengisi galon air yang siap di labeli air zamzam di wilayah Khalidiya.

Untuk diketahui, Pemerintah Saudi hanya memberikan izin bagi Perusahaan Air Nasional (NWC) untuk menyalurkan pembagian air zamzam, yaitu sebanyak lima liter untuk satu jamaah sesuai dengan beban kargo yang diperbolehkan di pesawat.

Pengemasan dilakukan oleh perusahaan Proyek Pengemasan Zamzam Raja Abdullah. Setiap harinya perusahaan ini memproduksi 5.000 kubik zamzam dan 200 ribu botol plastik yang masing-masing berisi 5 liter air.

Editor: RI