Ini Jadwal Penutupan Bandara Akibat Letusan Gunung Kelud
Credit by: Pesawat sedang dibersihkan dari abu vulkanik letusan Gunung Kelud di Bandara Adi Sucipto (Istmimewa)

Jakarta, PINews.com – letusan Gunung Kelud berdampak serius terhadap lalu lintas penerbangan di tanah air khususnya diwilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Empat bandara sejak Jumat (14/2) ditutup akibat cuaca buruk dan tertutupnya bandara oleh abu vulkanik yang disebabkan letusan Kelud.

Informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, saat ini eempat bandara yang masih ditutup yakni Bandara Husein Sastranegara-Bandung, Bandara Adi Soemarmo-Solo, Bandara Adisutjipto-Yogyakarta, dan Bandara Juanda-Surabaya.

"Untuk bandara, ada empat tempat yang masih ditutup," ujar Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub, Bambang S Ervan, Sabtu (15/2).

Keempat bandara tersebut masih melakukan pembersihan run off untuk landing pesawat. "Sementara ini, saya masih belum dapat memastikan karena notamnya belum keluar lagi. Informasi sementara untuk Bandung Bandaranya baru bisa digunakan besok pagi, Surabaya masih ditutup hingga malam ini," tambah Bambang.

Ia mengatakan Bandara Adi Soemarmo, Solo, dijadwalkan ditutup hingga Senin 17 Februari 2014. Sedangkan Bandara Adisutjipto-Yogyakarta ditutup sampai Selasa 18 Februari 2014.

Bambang menambahkan Bandara Abdurrahman Saleh di Malang, Bandara Ahmad Yani-Semarang, dan Bandara Tunggul Wulung-Cilacap telah beroperasi.

Editor: Rio Indrawan