Susah Tidur? Ini 10 Cara Ampuh Mengatasinya
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Kesulitan tidur di malam hari adalah suatu hal lumrah yang kerap kali dialami para orang dewasa. Tapi anda jangan pernah meremkan kondisi ini karena akibatnya bisa fatal.

Jika berlangsung dalam kondisi lama, kesulitan tidur atau insomnia bisa mengakibatkan diabetes, tekanan darah tinggi, depresi bahkan serangan jantung. Dilansir dari nationalgeographic Indonesia, menurut riset yang dilakukan oleh University of British Columbia mengungkapkan, bahwa setiap jam tidur malam yang berkurang dapat  mengurangi 1 poin IQ seseorang di hari berikutnya.

Menurut survei yang hasilnya kemudian dipublikasikan oleh Great British Sleep Survey, lebih dari 51% orang harus berjuang hanya untuk dapat menikmati tidur malam yang nyenyak, dan jumlah penderita wanita adalah yang tiga kali lipat dari jumlah penderita pria.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar anda terhindar dari insomnia.

1. Menjaga  jadwal reguler

Pergi tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari akan memprogram tubuh untuk dapat tidur lebih nyenyak. Pilih waktu saat Anda merasa mulai mengantuk.

2. Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur

Kamar tidur Anda seharusnya memang didesain untuk tempat beristirahat. Upayakan agar kondisinya selalu tenang dan segelap yang Anda bisa. Suhu di kamar pun perlu dijaga agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Temperatur, cahaya, dan suara harus dapat dikontrol agar lingkungan kamar tidur dapat membantu Anda dapat tidur pulas.

3. Pastikan kasur Anda nyaman

Akan sangat sulit menikmati tidur nyenyak di atas kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras,ukurannya  terlalu kecil, atau usianya sudah sangat tua.

4. Rutin berolahraga

Olahraga yang sederhana namun rutin dilakukan sepreti renang atau berjalan kaki dapat membantu Anda melepaskan ketegangan yang terbentuk setiap hari.

5. Kurangi kafein

Hindari konsumsi minuman yang dapat menjadi stimulant seperti kopi atau teh, terutama di malam hari karena kafein akan menginterfensi proses untuk mengantuk dan kafein akan mencegah Anda tertidur pulas. Efek dari kafein dapat bertahan hingga 24 jam, sehingga efek dari kafein terhadap tidur nyenyak Anda sangat signifikan.

 6. Jangan terlalu menuruti kesenangan

Terlalu banyak makanan atau minuman beralkohol, terutama di malam hari dapat mengganggu pola istirahat malam Anda.

7. Jangan merokok

Buruk efeknya untuk tidur Anda. Para perokok butuh waktu lebih lama untuk dapat jatuh tertidur, seringkali terbangun, dan sering pula terganggu tidurnya.

8. Cobalah lebih santai

Mandi air hangat, mendengarkan music yang tenang, atau melakukan yoga untuk membuat tubuh dan pikiran lebih tenang.

9. Tuliskan yang Anda pikirkan

Buat daftar dari hal-hal yang harus Anda kerjakan esok hari (rencana kerja, tugas rumah tangga, kekhawatiran, dan lain lain), sebelum tidur malam.

10. Lupakan dulu hal yang membuat Anda khawatir

Jika Anda tidak dapat memejamkan mata dan tertidur, jangan berbaring di sana dan sibuk memikirkan penyebabnya.

 

Editor: RI