Bukan Minyak Mentah, Pipa Pertamina Yang Bocor Di Prabumilih Ternyata Hanya Semburkan Air
Credit by: Ilustrasi pipa pertamina (ist)

Prabumulih,PINews.com - Warga di sekitar jalur pipa Pertamina Limau Prabumulih dikejutkan dengan kebocoran pipa Pertamina. Kebocoran diduga kuat akibat aktifitas pengerukan dan pembuatan gorong-gorong yang  dilakukan bukan oleh pihak Pertamina dan tanpa koordinasi terlebih dahulu dengan Pertamina. Imbas dari kebocoran pipa adalah keluarnya air injeksi hingga setinggi 10 meter.

"Kami sangat menyesalkan kejadian ini sehingga menyebabkan pipa injeksi yg berisi air untuk pemboran terkena alat berat," ujar Aji Dharmayasa Asset 2 Legal Relation Manager.

Pertamina menegaskan tidak ada minyak mentah yang menyemburkan kekuar seperti yang sempat diberitakan beberapa media. Menurut Aji, minyak mentah yang dilaporkan menyembur tersebut karena memang pipa injeksi tersebut berisi air formasi yang memungkinkan masih terkandung sedikit minyak mentah.

"Minyak mentah yang keluar itu merupakan ikutan dari air formasi yang turut mengalir dalam pipa air injeksi. Dan imbas dari kejadian tersebut, kami terpaksa harus menyetop aktifitas di jalur pipa air injeksi tersebut sampai kondisi normal kembali", tambahnya.

Aji berharap bahwa pihak pelaksana pekerjaan pengerukan gorong - gorong  dapat segera menyelesaikan permasalahan ini. "Karena kami turut dirugikan atas kejadian ini" pungkas Aji.

Editor: RI