Punya Manfaat Segudang, Kunyit Asam Kembali Jadi Favorit Masyarakat
Credit by: Salahsatu revolusi kemasan pada kunyit asam membuat ramuan ini kembali digemari masyarakat. (instagram - freshplusid)

Jakarta, PINews.com - Salah satu penyebab Indonesia diincar bangsa-bangsa Eropa dan dijajah ratusan tahun lalu adalah berlimpahnya remph-rempah di bumi pertiwi. Berbagai rempah yang dimanfaatkan untuk berbagai ramuan tersebut bisa dengan mudah tumbuh di Indonesia, dan kelestarian dari ramuan tersebut juga masih terjaga hingga saat ini.

Salahsatu ramuan yang saat ini sedang naik daun adalah ramuan atau jamu kunyit asam. Minuman tradisional ini telah menjadi andalan orang tua kita sebagai jamu yang berkhasiat untuk menjaga kesegaran dan daya tahan tubuh sejak dulu. Jika dijabarkan ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya :

Detoksifikasi. Sejak dulu kunyit terbukti berkhasiat mengeluarkan racun dalam tubh sehingga menjadi lebih sehat.

Mengontrol berat badan. Kunyit asam mampu menahan nafsu makan sehingga membuat anda tidak makan secara berlebihan.

Menyembuhkan infeksi tenggorokan. Ramuan satu ini memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa membersihkan tengorokan anda.

Painkiller. Kunyit memiliki sifat antibakteri dan inflamasi. Sehingga minuman ini bisa menghilangkan rasa sakit atau pegal.

Menyembuhkan Infeksi kulit.  Kemampuan ramuan ini memang tidak main-main, dengan meminumnyasecara teratur, infeksi kulit karena luka bakar, cedera atau terkena sinar matahari berlebihan bisa sembuh.

Mencerahkan kulit. Dengan meminum kunyit secara teratur kulit akan lebih bersih dan sehat karena sifat kunyit yang mampu menghilangkan racun.

Sempat redup pada awal tahun 2000an kini kunyit asam kembali populer, apalagi dengan manfaat yang tidak sedikit tadi.

Hal tersebut juga yang diakui oleh Devi Oftasari, salah satu produsen kunyit asam. Menurut wanita yang juga bekerja di dunia perbankan ini, kunyit buatannya saat ini bisa diborong puluhan botol bahkan hingga ratusan dalam waktu seminggu. “Sepertinya khasiat kunyit langsung dirasakan mereka (para pembeli) karena itu mereka order rutin” tambah Devi.

Berlabel Fresplusid, olahan kunyit alami dengan resep keluarga ini bisa dipesan dengan mudah melalui media sosial seperti instagram @freshplusid. “Intinya kami juga ingin ikut kembali melestarikan ramuan tradisional Indonesia, sekaligus membuat masyarakat menjadi lebih sehat dan bugar” pungkas Devi

Editor: RI