Asean Games, Sumsel Peroleh Tambahan Tiga Cabor
Credit by: ilustrasi

Palembang, PINews-  Palembang, Sumatera Selatan menjadi salah satu tuan rumah Asean Games 2018 akan mendapatkan tambahan lagi tiga cabang olahraga (Cabor) dari semula 11 cabor yang dipertandingkan di Palembang.

Hal itu disampaikan Gubernur  Sumsel, Alex Noerdin setelah rapat terbatas terkait progres persiapan Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo di Jakarta.

Menindak lanjuti hal ini, Alex menggelar rapat koordinasi persiapan Asian Games 2018 di Palembang, bersama stakeholder dan para SKPD terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel. Hadir dalam rapat ini Wakil Ketua Umum KOI Muddai Madang, dan Wali Kota Palembang Harnojoyo, rapat berlangsung di Griya Agung Palembang, kemarin malam.

Alex Noerdin mengatakan, dari semula 11 cabang olahraga yang akan dimainkan, Palembang sebagai tuan rumah Asian Games mendapat tambahan cabang olahraga, yakni cabor Baseball, Sepeda BMX dan Basket Ball.

"Semula ada 11 cabang olahraga, kita mendapat tambahan tiga cabor, Basket, Base Ball, dan BMX. Untuk basket dilaksanakan di Palembang dan Jakarta, jadi separuh di Palembang separuhnya lagi di Jakarta," terang Alex.

Dalam rapat dipaparkan juga progres pembangunan fasilitas penunjang Asian Games seperti pembangunan 6 tower apartemen atlet serta renovasi beberapa venue cabor di Jakabaring Palembang, diantaranya Venue Panjat Tebing yang direnovasi melalui bantuan Pertamina, Gedung Convention Hall oleh PT. Bukit Asam, PT. OKI Pulp membangun Gedung Bowling, serta renovasi venue lainnya.

"Keseluruhan persiapan Asian Games Palembang tidak ada masalah, semua sudah berjalan sesuai perencanaan seperti persiapan venue cabor terus berjalan, dan sesuai target persiapan keseluruhan selesai 6 bulan sebelum Asian Games," tegas Alex.

Menurutnya, Asian Games di Palembang nanti akan menjadi suatu kembanggan tersendiri bagi masyarakat Provinsi Sumsel. Pasalnya, di event bergengsi ini Jakabaring Palembang akan menjadi Green Sport City yang menggunakan transportasi Hidrogen Car.

"Tahun 2020 Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade sudah memastikan akan menggunakan Hidrogen Car pada pelaksanaannya nanti. Asian Games Palembang lebih dulu menggunakan Hidrogen Car, jadi kita mendahului dua tahun sebelumnya Olimpiade Tokyo Jepang," ujar Alex.

Untuk diketahui, dijadwalkan tanggal 5 Maret, Delegasi Olympic Council of Asia Coordination Commitee (OCA Corcom) akan hadir langsung di Palembang untuk melihat langsung persiapan Asian Gamas Palembang. Diperkirakan sebanyak 60 orang delegasi OCA yang akan hadir dan melakukan peninjauan ke Jakabaring Sport City.

Editor: iw