Wow, Sarung Tinju Muhammad Ali Laku Rp 10 Miliar
Credit by: sarung tinju Muhammad Ali (Dailymail)

Jakarta, PINews.com - Petinju legendaris dunia Muhammad Ali hingga kini masih saja memberikan sensasi. Sarung tinju yang pernah digunakannya laku terjual sebesar 520 ribu Poundsterling (10 miliar Rupiah) dalam sebuah acara lelang.

Sarung tinju itu digunakan Ali ketika menghadapi Sonny Liston di Miami Beach, Florida, Februari 1964. Saat itu, Ali masih menggunakan nama Cassius Clay.

Sebelumnya, sepasang sarung tinju Ali laku terjual 320 ribu Poundsterling (6,1 miliar Rupiah). Tapi kini, angka 10 miliar Rupiah adalah sebuah rekor dalam pelelangan sebuah memorabilia tinju.

Sarung tinju Ali tersebut adalah koleksi milik mantan pelatih tinju, Angelo Dundee sebelum ia meninggal pada Februari 2012. Tepat hari ini, 25 Februari adalah perayaan 50 tahun kemenangan Ali melawan Sonny. Untuk itu, Rumah Lelang Heritage memutuskan untuk melelang sarung tinju tersebut.

"Ini adalah sepasang sarung tinju yang digunakan Ali ketika meraih gelar juara dunia kelas berat untuk pertama kali. Setelah pertandingan, Angelo Dundee menggunakan gunting untuk melepaskan sarung tersebut dari tangan Ali," ujar Chris Ivy, Direktur Olahraga Koleksi di Heritage," dikutip dari Daily Mail.

"Sarung itu tetap menjadi koleksi pribadi Dundee hingga ia meninggal, yang kemudian dibeli oleh kolektor lain. Kini, kolektor tersebut berniat menjualnya untuk merayakan 50 tahun pertarungan tersebut," pungkasnya.

Editor: Rio Indrawan