Masker Penting untuk Hindari Polusi Udara
Credit by: www.3M.com

Jakarta, PINews.com  – Polusi udara kerap disebut sebagai pembunuh senyap, yang dihubungkan dengan jutaan kematian dini (premature deaths) di seluruh dunia. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kota besar, risiko terpapar polusi udara sangat tinggi, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi serta sering beraktivitas di luar ruangan.

Kondisi ini mendorong 3M Indonesia untuk mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan masker yang tepat guna membantu melindungi kesehatan pengguna dari bahaya polusi udara.

“Setiap hari, masyarakat menghirup udara, baik yang berguna untuk tubuh (O2) maupun polutan seperti hasil emisi gas buang (CO2) yang berbahaya bagi tubuh,” tutur  DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), Perwakilan Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi FKUI - RS Persahabatan.

Dia mengatakan emisi gas buang kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber polusi udara terbesar sehingga berpotensi membahayakan kesehatan seperti penyakit pernapasan dan penyakit lainnya. Tanpa upaya pencegahan yang tepat, katanya, masyarakat terutama para komuter di kota-kota besar yang kerap menghadapi kondisi tersebut, berisiko mengalami dampak buruk dari polusi udara.

Agus menambahkan penggunaan masker merupakan upaya pencegahan primer dan sekunder untuk melindungi diri dari polutan yang dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Namun, penggunaan masker tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap penggunaan masker yang tidak tepat dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. “Contohnya penggunaan masker yang baik untuk proteksi sehari-hari seharusnya memiliki filter yang berguna untuk menyaring debu, kotoran dan partikel mikro. Oleh karenanya sangat penting bagi masyarakat untuk memilih jenis masker apa yang sesuai dengan kondisi dan kegiatan mereka.”

Sesuai dengan visi perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup (Improving Every Life), 3M Indonesia menghadirkan beragam jenis masker kesehatan melalui brand Nexcare™, dengan kategori produk masker terlengkap yang tersedia di pasaran. Produk masker kesehatan Nexcare™ tersebut juga dilengkapi dengan teknologi filter 3M yang menjadi pembeda dengan kompetitornya.

 Nexcare™ menghadirkan beragam jenis masker yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Diantaranya kategori Daily Filtration, yang membantu melindungi dari debu dan kotoran; Extra Filtration, yang membantu melindungi dari asap dan bau tidak sedap, seperti gas buang kendaraan bermotor serta Advance Filtration, yang dapat membantu melindungi pengguna dari partikel mikro dan asap yang lebih pekat, seperti asap industri dan kebakaran hutan.

Secara resmi 3M Indonesia memperkenalkan jenis masker kesehatan terbaru dari kategori Extra Filtration, yaitu Nexcare™ Carbon Mask. Produk ini telah hadir di pasaran sejak bulan Juni, Nexcare™ Carbon Mask dilengkapi dengan empat lapisan filter yang terdiri dari: Lapisan dalam – nyaman bersentuhan dengan kulit, Lapisan filter – serat acak, menahan partikel dan debu, Lapisan karbon aktif – membantu menyerap bau tidak sedap, dan  Lapisan luar – serat teratur menyaring udara dan partikel berukuran besar.

Nexcare™ memiliki rangkaian produk yang dapat membantu melindungi kesehatan diri, salah satunya produk masker yang telah menjadi bagian penting dari keseharian masyarakat Indonesia. Untuk melengkapi jenis-jenis produk masker yang telah tersedia, tahun ini Nexcare™ memperkenalkan produk masker terbaru, yaitu Nexcare™ Carbon Mask.

“Jenis masker terbaru ini terutama ditujukan bagi para komuter di kota-kota besar yang sering terpapar berbagai polusi. Lapisan karbon aktif yang terdapat pada Nexcare™ Carbon Mask mampu membantu melindungi para pengguna dari partikel besar, debu dan bau tidak sedap, termasuk emisi gas buang kendaraan bermotor,” ungkap Stephanie Gunawan, Brand Manager NexcareTM, PT 3M Indonesia.

Yunadi Aulia Desmawan, Business Manager Consumer Health Care Market, PT 3M Indonesia, menambahkan pihaknya berharap lini produk terbaru ini dapat memberikan manfaat serta meningkatkan perlindungan kesehatan bagi masyarakat luas. Selain itu, guna memperkenalkan produk tersebut, 3M Indonesia telah melakukan serangkaian kegiatan di antaranya product sampling di beberapa titik di Jakarta. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penggunaan masker yang tepat sehingga dapat membantu mengurangi dampak negatif polusi udara secara efektif,” tuturnya.

Nexcare™ Carbon Mask saat ini telah tersedia di gerai-gerai Alfamart dengan harga Rp 7.900,- per kemasan dengan isi tiga masker.

Editor: HAR