Kemendag Gelar Lokakarya Anggota IORA
Credit by: www.ristekdikti.go.id

Jakarta-PINews.com.Kementrian Perdagangan kembali menggelar lokakarya mengenai integrasi ekonomi kawasan Samudra Hindia di bawah keanggotaan IORA, yaitu International Workshop on Practical Workstreams on Trade and Investment and IORA Economic Integration. Lokakarya tersebut berlangsung di Padma Resort, Legian, Kuta, Bali.

“Saat ini adalah momentum yang tepat bagi negara anggota IORA untuk berkumpul mendiskusikan berbagai cara menggerakkan potensi ekonomi kawasan dan melangkah menuju integrasi,” demikian Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kasan.

Kemendag menjadi focal point Working Group on Trade and Investment IORA, dan berkomitmen menyelenggarakan lokakarya tersebut. Lokakarya ini bertujuan mengidentifikasi peluang ekonomi kawasan, menjadi ajang bertukar pikiran antaranggota, dan menghasilkan rekomendasi kebijakan menuju integrasi ekonomi IORA. Lokakarya tersebut juga menjadi kontribusi Indonesia sebagai Ketua IORA 2015-2017.

“Sebagai Ketua IORA 2015-2017, partisipasi aktif Indonesia di IORA menjadi wujud kontribusi Indonesia untuk ikut mencarikan solusi atas berbagai permasalahan di IORA. Keberhasilan Indonesia akan menjadi catatan sejarah pencapaian Indonesia di forum-forum internasional,” kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo pada kesempatan terpisah, Senin (31/7) di Jakarta.

Iman juga mengatakan bahwa lokakarya ini diselenggarakan sebagai komitmen mewujudkan citacita integrasi ekonomi negara-negara anggota IORA, sehingga akan muncul ide dan gagasan yang dapat menjadi rekomendasi kebijakan bagi negara-negara anggota IORA. Lokakarya dihadiri 70 orang peserta yang terdiri atas 21 negara anggota IORA, tujuh mitra wicara IORA, akademisi, KADIN, serta perwakilan kementerian dan lembaga dari Indonesia.

 “Kami harap dari lokakarya ini dapat dihasilkan rekomendasi kebijakan yang dapat diterapkan negara anggota IORA untuk bergerak semakin dekat ke arah integrasi perdagangan,” kata Iman.

Hasil lokakarya berupa rekomendasi kebijakan diharapkan dapat diangkat dalam sidang tersebut. IORA merupakan forum kerja sama di kawasan Samudera Hindia yang memiliki potensi besar. Perdagangan intra-regional IORA di tahun 2015 mencapai USD 777 miliar. Selain itu, Samudera Hindia merupakan 70% jalur perdagangan dunia, termasuk jalur distribusi minyak dan gas. Bahkan lebih dari setengah kapal kontainer dan dua per tiga kapal tanker minyak dari seluruh dunia melewati kawasan ini. IORA terbentuk sejak Maret 1997 di Mauritius.

IORA beranggotakan 21 negara, yaitu Australia, Afrika Selatan, Bangladesh, Komoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Srilanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Selain itu, ada tujuh negara mitra wicara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Mesir, Tiongkok, Prancis, dan Jerman.

Editor: ES