Pertamina Lubricants dan Pama Persada Kerjasama Penggunaan Pelumas dan Gemuk

Jakarta,-PINews.com,-  Komitmen PT Pertamina Lubricants dalam mendukung industri di tanah air, khususnya industri ekstraktif serta kepercayaan konsumen terhadap produk pelumas dan turunan buatan Pertamina Lubricants terus meningkat.  Hal ini terbukti dari kerjasama yang dilakukan antara PT Pertamina Lubricants (PTPL) dengan PT Pama Persada dalam pembelian pelumas dan grease (gemuk)  untuk kegiatan operasional PT Pama Persada Nusantara. Pama Persada, kontraktor pertambangan minral dan batubara di Indonesia, merupakan salah satu konsumen utama (key Account), yang sudah bertahun-tahun menggunakan  pelumas dan  produk turunan milik PT Pertamina Lubricants.

Ini merupakan bentuk sinergi berkelanjutan antara PT Pertamina Lubricants dengan PT Pamapersada, yang sampai saat ini, merupakan salah satu konsumen terbesar (key account) pada sektor pertambangan selama 10 tahun lebih. Anak perusahaan PT United Tractors Tbk tersebut akan menggunakan berbagai varian Pelumas & Grease Pertamina sebesar 1000 KL / bulannya. Varian-varian ini akan menunjang kegiatan operasional baik untuk mesin pengolahan, maupun alat logistik dan alat transportasi heavy duty engine. 

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Afandi dengan Direktur Finance & Business Supply Management PT Pamapersada Nusantara Chinthya Theresa Am di Hotel Borobudur Jakarta pada hari Jumat, 26 Januari 2018 pekan lalu. Kerjasama ini merupakan langkah strategis PT Pertamina Lubricants untuk terus mendukung kebutuhan pelumas berkualitas dunia dan terjamin handal dengan mutu berstandar internasional. 

“Kami bangga bisa memberikan tidak hanya produk pelumas terbaik untuk membantu pengelolaan operasional PT Pamapersada Nusantara, kami juga akan memberikan pelayanan after-sales service terbaik kami yang didukung dengan SDM yang profesional dan ahli dibidangnya. Ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengedepankan komitmen untuk terus memajukan industri sektor pertambangan di Indonesia,” Ujar Afandi, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants.

Untuk mendukung pelayanan kepada PT Pamapersada Nusantara, PT Pertamina Lubricants sudah membangun Terminal Supply Point (TSP) Batakan yang saat ini diperuntukan khusus untuk Pama area Kalimantan Timur. Di tahun 2018, PT Pertamina Lubricants juga sudah melakukan perencanaan pembangunan tangki tambahan dengan kapasitas lebih dari 1.200 KL di Batakan.

Selain ketersediaan produk, PT Pertamina Lubricants melalui salah satu pabrik Pelumas di Jakarta (Production Unit Jakarta) telah memiliki  grease plant dengan kapasitas 8.000 MT/tahun dan dilengkapi dengan teknologi canggih dan modern yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam memproduksi beraneka jenis grease, sehingga dapat memberikan nilai tambah untuk konsumen. 

PT Pamapersada secara aktif mengelola sejumlah besar pertambangan batubara, emas, quarry dan sebagainya, mengerjakan konstruksi bendungan dan pengerjaan jalan serta berbagai proyek penggalian bumi dan transportasi yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Dalam hal pelayanan kepada PT Pamapersada Nusantara, PT Pertamina Lubricants mengedepankan dukungan teknis yang lengkap dan terjamin mutu serta kualitasnya. Hal ini termasuk melakukan kajian atas upaya efisiensi dalam hal operasi penerimaan, operasi penimbunan dan pemakaian Pelumas dan Grease termasuk sarana dan fasilitasnya (Lubricant Management System), didukung dengan kunjungan secara periodik oleh Sales Engineer untuk mendiskusikan permasalahan pelumasan.

Selain itu, PT Pertamina Lubricants juga memberikan pelayanan In-house Training, Joint Development untuk New Product dan New Technology, Analisa performance produk Grease dan Pelumas, Lube Recommendation Chart, fasilitasi training/magang khusus untuk Tenaga Analis Laboratorium di Oil Clinic, Site Technical Development Discussion serta Used Oil Analysis dari Oil Clinic. Oil Clinic sendiri merupakan laboratorium pengujian Pelumas yang diperuntukan untuk konsumen PT Pertamina Lubricants. 

Pertamina Lubricants berupaya untuk terus berperan aktif dalam inovasi produk industri dan otomotif sesuai dengan perkembangan mesin dan teknologi serta mengedepankan layanan purna jual untuk konsumen meliputi Oil Monitoring, fasilitas laboratorium, dan mengecekan rutin, dan in House training pelumas dan pelumasan. 

Afandi melanjutkan, “Kami berterimakasih kepada PT Pamapersada Nusantara atas kepercayaan untuk menggunakan grease dan pelumas Pertamina. Komitmen PT Pamapersada Nusantara dalam menggunakan pelumas anak bangsa juga merupakan wujud apresiasi

terhadap Indonesia. Kami berharap kerjasama ini akan terus berkelanjutkan, dan kami bisa sama-sama tumbuh bersama dan memberikan kontribusi terbaik untuk negeri khususnya memajukan sektor pertambangan.  

Pertamina Lubricants merupakan penyedia pelumas industri terbesar di Indonesia dengan kualitas berkelas dunia yang di dukung dengan pelayanan purna jual yang lengkap yang meliputi layanan teknis (technical assistance), stock management, in-house training pelumasan untuk mesin industri di ILMA (Intergrated Lubricant Management Academy), Oil Monitoring System di Oil Clinic, Industrial Problem Solving, Lube Recomendation Charts, dan engineer khusus yang dapat terjun langsung dalam mengecekan oli secara berkala. 

 

Editor: