Pertagas NSA Melakukan pemberdayaan Masyarakat Melalui Tenun Songket Melayu Langkat

LANGKAT-PINews.com - PT Pertamina Gas Northern Sumatera Area (NSA) melakukan pemberdayaan masyarakat  melalui kegiatan Pelatihan Dasar Tenun Songket Melayu Langkat. Kegiatan  tersebut dilaksanakan  di Desa Pekubuan. Selama sebulan, 37 peserta akan mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

“Tenun songket Melayu  Langkat ini sudah diambang kepunahan dan kita berharap dengan program ini, mampu melestarikan kembali tenun songket Langkat,” demikian disampaikan Rudi Sugiarto, Manajer Area PT Pertamina Gas NSA.

Rudy juga menyampaikan bahwa program ini merupakan wujud dari perhatian perusahaan terkait keberadan tenun ini, sehingga PT Pertamina Gas NSA berkoordinasi dengan pihak internal dan eksternal terkait sehingga berhasil terlaksananya kegiatan ini.

Nanang Hadi perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Langkat menyampaikan bahwa tenun Langat merupakan prioritas utaam Kabupaten Langkat bahkan Provinsi Sumatera Utara. Karena itu, pemerintah tentu sangat mendukung program yang diinisiasi oleh Pertamina Gas NSA ini dan akan terus melakukan bimbingan sampai peserta benar-benar mandiri.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Pertamina Gas NSA, karena tenun songket langkat ini menjadi prioritas dan kami berharap kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik,” demikian jelas dia.

Senada dengan Nanang, Taufik Reza selaku Camat Tanjung Pura  juga mendukung kegiatan ini dan berharap program ini bisa berjalan dengan baik dan mampu menciptakan kemandirian ekonomi bagi masyarakat. Ia juga berharap, desa-desa lain di wilayah yang dipimpinnya juga bisa mendapatkan bantuan program CSR Pertagas sehingga bisa meningkatkan potensi masyarakat.

Kegiatan pelatihan dasar tenun songket melayu Langkat ini kan dilakukan selama satu bulan. PT Pertamina Gas NSA bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pekubuan dalam melakukan monitoring dan evaluasi demi keberlanjutan program. []

Editor: